Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran [belajar.id]

Sebelumnya saya sudah menuliskan review kelebihan Akun Pembelajaran dan G-Suite. Banyak benefit yang kita dapat setelah mengaktifkan akun pembelajaran tersebut.

Jadi sangat disayangkan jika tidak kita aktifkan. Terlebih akun tersebut gratis diberikan oleh Kemdikbud.

Namun rekan-rekan masih banyak yang belum tau caranya. Jangan khawatir, berikut cara lengkap mengaktifkan akun Pembelajaran. Cekidot.

Baca juga: [Review] Kelebihan Akun Pembelajar dan G-Suite for Education

 1. Download Akun Pembelajaran

Note: 

  • Langkah pertama ini dilakukan jika belum mendownload akun. Jika sudah, bisa loncat ke poin 2.
  • Untuk mendownload Akun Pembelajaran hanya bisa dilakukan oleh OPS, atau operator sekolah. Karena login menggunakan username dan password Operator / admin sekolah.
  • Saran saya, kita menggunakan browser Chrome saja. Karena ada jalan pintas untuk mengaktifkan dan aplikasi google nantinya.

Tanpa berlama-lama, login dulu ke pd.data.kemdikbud.go.id. Tampilan awal seperti berikut ini. Masukkan username dan password Dapodik.


Jika sudah berhasil login, maka rekan akan melihat tampilan seperti ini. Kemudian pilih "Unduh Akun".


Klik peserta didik, PTK, dan Admin. Maka akan otomatis terdownload.


Selanjutnya cari dan buka file yang berformat CSV, yang sudah kita download tadi.


Berikut saya tampilkan contoh akun PTK yang sudah saya download.

Sampai di sini, maka rekan sudah berhasil mendapatkan Akun Pembelajaran di sekolah kita.

2. Aktifkan Akun Pembelajaran

Jika sudah berhasil mendapatkan Akun Pembelajaran, selanjutnya harus kita aktifkan. Karena berdasarkan Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020, apabila Akun Pembelajaran tidak diakses oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sama sekali sampai 30 Juni 2021 maka Akun Pembelajaran tersebut akan dinonaktifkan secara otomatis.

Lalu bagaimana caranya?

Masih tetap di browser Chrome, ketik di kotak pencarian mail.google.com

Bisa juga menggunakan jalan pintas seperti yang saya sampaikan di poin satu di atas. Caranya, buka tab baru, klik foto akun yang ada di pojok kanan atas, seperti gambar berikut ini. Kemudian pilih Tambah akun lainnya.


Silahkan masukkan email Akun Pembelajaran Anda, yang kita dapatkan sebelumnya. Contoh punya saya taufikjunaidie56@guru.sd.belajar.id. Passwordnya menggunakan password yang ada di rekap CSV, yang sudah kita download tadi.

Nanti, kita diminta mereset password. Silahkan masukkan password baru. Jangan lupa kita simpan di catatan pribadi, kalau-kalau lupa.


Jika sudah selesai step by step nya, maka kita akan diarahkan masuk ke dalam email Google.

Berikut tampilan email G-Suite menggunakan Akun Pembelajaran. Banyak perbedaan dengan akun gratisan yang biasa kita gunakan. Terlihat dari pojok kanan atas, ada tulisan Google. 


Sebagai perbandingan, berikut saya tampilkan akun email gratisan Google yang saya miliki.


Bagaimana, terlihat bedanya bukan?

Sampai di sini, kita sudah berhasil mengaktifkan Akun Pembelajaran di Google Suite 

Penutup

Demikian cara mengaktifkan akun pembelajaran [belajar.id] di Google Suite. Kita sudah berhasil mengamankan akun pribadi kita, sehingga tidak diblokir di bulan Juni 2021 nantinya. Ayo manfaatkan beberapa fitur Google lainnya.