Cara Sederhana Komunikasi yang Bisa Memengaruhi Anak

Mungkin tidak hanya anak kita, tapi diri kita sendiripun waktu kecil jika dikhotbahi oleh orang tua terkadang susah nurutnya. Itu memang sudah sifat alamiah.

Tidak jarang kita memarahi anak, hingga melakukan tindakan anarkis malahan. Agar hanya keinginan kita dituruti anak. Padahal sebenarnyan tuh demi kebaikan mereka juga. 

Ya kan?

Contoh sederhana, kita menasehati hingga memarahi anak kita agar tidak merokok. Terkadang, bukannya mereka nurut, malah bisa membangkang. 

Dalam bayangan kita di kepala, ah ini akibat kebanyakan nonton TV, akibat pengaruh teman, dan lain-lain.

Semua itu bisa saja benar. Tapi mari kita muhasabah lagi, bisa saja hal ini karena cara komunikasi kita yang salah.

Nah, jika itu masalahanya, mungkin tips berikut bisa membantu mengurangi masalah yang sering kita hadapi ketika berkomunikasi dengan anak, agar komunikasi kita bisa memengaruhi.

Mengutip dari Dale Carnegie dalam bukunya How to Win Friends & Influence People,

Jadi, satu-satunya cara untuk memengaruhi orang lain adalah dengan membicarakan apa yang mereka inginkan dan menunjukkan kepada mereka cara mendapatkannya.

Nah prinsipnya adalah, jika ingin memengaruhi orang lain, dalam hal ini adalah dengan membicarakan apa yang mereka inginkan.

Seperti contoh berkaitan masalah di atas tadi, kita tidak ingin anak kita merokok, jangan mengkhotbahi mereka, dan jangan mengatakan apa yang kita inginkan, tapi tunjukkan bahwa rokok bisa menghalangi mereka menjadi anggota tim basket atau memenangkan lomba lari seratus meter.

Bagaimana?

Seandainya kita di posisi anak, rasanya lebih masuk kan?

Lebih jauh lagi, Harry A. Overstreet dalam bukunya Influencing Human Behavior, berkata: 

Tindakan muncul dari apa yang pada dasarnya kita inginkan ... dan nasihat terbaik yang bisa kita berikan kepada calon orang yang bisa dibujuk, entah di bisnis, di rumah, di sekolah, di politik, adalah: Pertama-tama, bangkitkan keinginan yang besar pada diri orang lain. Dia yang bisa melakukannya memiliki seluruh dunia bersamanya. Dia yang tidak bisa melakukannya melewati jalan yang sepi.

Nah sampai di sini udah jelas ya. 

Meskipun tips ini tidak selalu dan digunakan setiap berkomunikasi, tapi paling tidak bisa berguna pada situasi tertentu.

Semoga hal ini bisa menjadi sedikit modal kita dalam berkomunikasi dengan anak, bahkan dengan siapapun. Cara sederhana komunikasi namun bisa memengaruhi.