14 Kamera Mirrorless Terbaik Bagus Untuk Video dan Foto

Untuk menemani kegiatan fotografi sehari-hari, rasanya saat ini kita sangat membutuhkan kamera mirrorles terbaik. Karena tidak hanya mudah dibawa bepergian, kamera mirrorless juga menawarkan hasil foto yang sangat jernih dan tajam.

Hadir dengan desain bodi ringkas dan bobot yang lebih ringan dari DSLR, hal itu berhasil membuat kamera mirrorless semakin diminati. Tahun 2018 saja, popularitas mirrorless meningkat tajam dan mampu bersaing dengan DSLR.

Jika saat ini sobat sedang merasa kebingungan ingin memilih model mirrorless seperti apa, maka silahkan disimak beberapa rekomendasi terbaiknya berikut.

Note: Harga kisaran disebutkan di bawah, bisa berubah-rubah.

A. Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Harga Murah Dibawah 10 Juta

1. Fujifilm X-T100

Fujifilm X-T100 adalah pilihan tepat bagi sobat yang sedang berencana ingin membeli kamera mirrorless terbaik namun hanya memiliki budget terbatas.

Kamera ini memang diperuntukkan sebagai alternatif DSLR, yang sudah dibekali segudang fitur menarik.

Dari segi desain, kamera Fujifilm X-T100 dibalut dengan bodi stylish dan rasa premium. Ukurannya compact dan sama sekali tidak terasa berat, sehingga memudahkan untuk membawa mirroeless ini kemana-mana

Sebagai mesin cetak fotonya, Fujifilm X-T100 dilengkapi dengan 11 mode film dan 17 filter. Gambar yang dihasilkan tentu saja berkualitas dan mengesankan. Detail dari objek bisa ditangkap dengan baik, tanpa membuat gambarnya terlihat berlebihan.

2. Canon EOS M50

Canon EOS M50 adalah rekomendasi kamera mirrorless terbaik selanjutnya yang bisa dibeli dengan harga dibawah 10 jutaan.

Youtuber pemula bisa menjadikan Canon EOS M50 sebagai pilihan utama ketika sedang mencari kamera yang bagus untuk vlog. Karena harganya murah dan hasilnya optimal.

Walaupun tergolong sebagai mirrorless, desain Canon EOS M50 sangatlah kental dengan nuansa DSLR. Jika dilihat secara sekilas, modelnya benar-benar mirip seperti kamera DSLR.

Hadir dengan mengusung ukuran lebih praktis, membuat vlog memakai EOS M50 tentu jadi lebih mudah.

Sekarang kita intip bagaimana performanya, konon begitu memanjakan pengguna. Canon EOS M50 siap menghadirkan kualitas video dan foto yang bagus, berkat keberadaan prosesor gambar DIGIC 8 dan sensor CMOS 24,1 Mp.

Kecanggihan lain yang bisa sobat dapatkan dari mirrorless besutan Canon ini adalah kemampuannya yang baik dalam membidik objek bergerak cepat.

3. Fujifilm X-A5

Dibanderol dengan harga lebih murah dari Canon EOS M50 diatas, Fujifilm X-A5 nampaknya juga masuk kategori pilihan terbaik kamera mirrorless untuk vlog.

Walaupun harganya lebih murah, namun spek yang ditawarkan tidaklah terlalu buruk dan masih tergolong cakep.

Sama seperti kamera mirrorless pada umumnya, Fujifilm X-A5 memiliki model persegi panjang dan ukuran yang ramping. Desainnya tidak aneh-aneh dan terkesan sangat simpel.

Desain memang biasa-biasa saja, namun tidak dengan performa yang dibekalkan kedalamnya.

Fujifilm X-A5 memiliki kemampuan yang sebanding dengan kamera DSLR pro. Ada sensor APS-C 24,2 Mp dan autofocus phase detection sebanyak 91 titik. Untuk ISOnya sendiri, memakai jenis ISO 64

Di bagian kamera Fujifilm X-A5 terdapat sebuah port mic, yang memungkinkan Anda untuk menambah mic eksternal supaya kualitas suara lebih jernih.

4. Panasonic Lumix DMC-G7K

Kamera yang pertama kali dirilis pada tahun 2016 lalu ini cocok banget untuk travelling. Memotret berbagai spot foto kelihatan semakin berkesan dan menarik.

Karena sudah dirilis sejak beberapa tahun silam, sehingga wajar apabila desain Panasonic Lumix DMC-G7K terlihat klasik. Desainnya sangat jauh berbeda dengan kamera-kamera keluaran terbaru.

Tampang yang biasa saja ini tidak membuat fitur-fiturnya juga ketinggalan zaman.

Panasonic Lumix DMC-G7K hadir dengan mengusung ISO 200-25600 , low pass filter dan sensor LiveMOS 16MP. Kehadiran touchscreen di bagian layarnya memudahkan pengguna mengotak-atik saat mengambil gambar.

Saat berada di tempat-tempat yang minim cahaya, Panasonic Lumix DMC-G7 juga masih bisa diandalkan.

5. Olympus OM-DE-M10 Mark II

Bagi fotografer pemula yang sedang proses belajar dan hanya memiliki budget mepet, maka bisa mempertimbangkan kamera mirrorless terbaik besutan Olympus ini.

Dengan harga yang bisa dibilang murah, sobat bisa belajar memotret objek sekitar dengan hasil yang sudah tergolong memuaskan.

Penampilan kamera mirrorless besutan Olympus ini terlihat unik, karena sangat jarang ditemukan di produk lainnya. Desainnya tidaklah kekinian, namun tidak juga ketinggalan zaman.

Jadi, Olympus memang memiliki style tersendiri.

Meskipun dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, bukan berarti kemampuan dan fitur-fiturnya serba terbatas.

Sebagai pembidik gambar, Olympus OM-DE-M10 Mark II mengandalkan ISO 1600-3200. Hasilnya, sebuah gambar yang bening dan tajam.

Disisi lain, kemampuan 60 fps pada kamera ini akan memudahkan siapapun untuk menghadirkan video berkualitas bagus.

Bermodalkan fitur AF target dan 4K timelapse, wajar saja jika Olympus OM-DE-M10 Mark II tergolong sebagai salah satu kamera mirrorless terbaik dibawah 10 juta.

Fotografer pun mulai banyak yang memburu kamera mirrorless terbaik berukuran mungil ini. Bagaimana, apakah Anda tertarik mencobanya?

B. Pilihan Mirrorless yang Cocok Buat Pemula Ditahun 

6. Sony A5000

Tahukah Anda, Sony A5000 adalah kamera kesukaan para selebgram dan youtuber. Mereka biasa menggunakan Sony A5000 untuk mengambil foto ataupun membuat vlog.

Oh iya, salah satu kamera mirororless terbaik untuk pemula ini berada di bawah 5 jutaan.

Sony A5000 hadir dengan bentuk mini dan bobot yang tergolong ringan. Menggunakannya sehari-hari pasti lebih mudah dan nyaman.

Desainnya tidak spesial dan hampir mirip layaknya kamera mirrorless pada umumnya.

Sony A5000 mampu menghasilkan gambar yang tajam, penuh warna dan jernih. Ini wajar, mengingat ia dipersenjatai oleh lensa 20MP dan sensor APS-C. Untuk membuat vlog, Anda bisa menghasilkan sebuah video berkualitas full HD 1080p.

Layar seluas 3 inch juga disematkan pada kamera mirrorless terbaik ini, demi kemudahan pengguna saat merekam video atau mengambil gambar.

7. Panasonic Lumix DMC-GF9

 

Sementara Sony A5000 adalah kamera unggul di range harga 3 jutaan, maka Panasonic Lumix DMC-GF9 menjadi salah satu kamera mirrorless 5 jutaan terbaik.

Antara harga dan spesifikasi yang ditawarkan benar-benar sebanding.

Lebih menariknya lagi, Panasonic sudah menyematkan segudang fitur menarik yang cocok banget untuk pemula.

Daripada para pesaingnya, Panasonic Lumix DMC-GF9 selangkah lebih unggul berkat keberadaan fitur Beauty Retouch. Fitur Beauty Retouch ini berfungsi untuk memastikan setiap hasil jepretan Panasonic Lumix DMC-GF9 berkualitas tinggi.

Demi menghasilkan hasil foto terbaik, kamera ini mengandalkan sensor Four Thrids yang beresolusi 16 MP.

Sayangnya, filter optical low-pass absen dari Panasonic Lumix DMC-GF9. Sehingga kualitasnya kurang optimal dalam kondisi kurang cahaya.

Sebagai gantinya, Panasonic menghadirkan Venus Engine yang memungkinkan pengguna menjepret gambar secara beruntun sebanyak 5 frame per detik.

Bagaimana hasil videonya? Panasonic Lumix DMC-GF9 mampu menghasilkan video 4K. Sehingga bagus dan recomended untuk vlog.

8. Canon EOS M10

Memiliki ukuran bodi yang mungil, membuat Canon EOS M10 seringkali disamakan dengan kamera pocket. Karena berukuran keci dan berbobot ringan, membuat kamera mirrorless terbaik untuk pemula ini layak dipilih jika Anda hobi travelling.

Membawanya kemanapun pergi pasti sangatlah mudah.

Dengan ukurannya yang kecil, bukan berarti kemampuan Canon EOS M10 mengecewakan. Hasil jepretan gambar yang ditawarkannya mampu bersaing dengan kamera DSLR sekelas Canon 700D dan 70D.

Untuk menghasilkan gambar, kamera ini mengandalkan sensor beresolusi 18MP.

Kelemahan Canon EOS M10 adalah performanya yang agak lambat, apalagi ketika digunakan untuk menjepret di dalam ruangan.

Disisi lain, kemampuannya dalam merekam video sudah cukup bagus. Bahkan sampai merekam video beresolusi 1080p.

9. FujiFilm X-A3

FujiFilm X-A3 adalah kamera mirrorless terbaik untuk pemula yang wajib banget dipilih oleh penggemar swafoto.

Sejak awal kehadirannya, kamera mini ini memang ditujukan kepada anak-anak muda zaman now yang hobi eksis di sosmed. FujiFilm X-A3 dijual di range 5 jutaan.

Pertama, mari kita intip desainnya dahulu. FujiFilm membekali produknya dengan bodi praktis dan ringkas. Konsep yang dihadirkannya bernuansa retro, lengkap dengan kulit dibagian depan.

FujiFilm X-A3 memiliki dapur pacu yang didukung sensor APS-C 24 MP, ISO up to 3200, Motion Panorama, Interval Timer Shooting dan kecepatan rana 1/4000 detik. Perekaman videonya mendukung resolusi Full HD.

Setiap hasil gambarnya terlihat bagus, jernih dan sedap dipandang mata. Baik pada kondisi cukup cahaya ataupun minim cahaya.

10. Olympus PEN E-PL8

Sama seperti deretan kamera mirrorless terbaik diatas, Olympus PEN E-PL8 juga didesain secara khusus yang cocok banget untuk fotografer pemula.

Walaupun masih belum memahami seluk beluk kamera, Anda tidak akan merasa kesulitan saat memakainya.

Harga yang mesti Anda bayarkan agar bisa membeli Olympus PEN E-PL8 masih di range terjangkau.

Desainnya terlihat ala-ala kamera modern, dengan ukuran yang tergolong kecil. Bodinya juga ramping, namun hasil gambarnya memuaskan.

Olympus PEN E-PL8 memiliki jeroan yang tergolong cakep. Sebagai alat penangkap gambar, kamera ini mengandalkan sensor Four Thrids 16 MP, stabilisasi gambar dan sistem autofokus 81 titik berkecepatan tinggi.

Ada pula mode continous shooting berkecepatan 8 frame per detik dan layar mini yang bisa diputar ke depan 180 derajat. Hasil rekamannya masih sebatas Full HD, belum bisa 4K.

C. Kamera Mirrorless Terbaik Dengan Spek Tangguh dan Harga Mahal

11. Panasonic Lumix GH5S

Jika diatas sudah ada rekomendasi deretan kamera mirrorless terbaik yang dibanderol dengan harga terjangkau, maka sekarang kita coba intip kehebatan kamera mahal. 

Panasonic Lumix GH5S dijual dengan harga cukup mahal ini, sudah siap memanjakan hasrat videografer. Sesuai dengan budget yang sobat keluarkan, kamera ini memiliki keunggulan dari berbagai sisi. 

Yang pertama adalah desain modern dan kekinian. Menenteng Panasonic Lumix GH5S pasti tidak malu-maluin, berkat balutan premium yang terlihat elegan.

Sebagai perekam video dan penangkap objek disekeliling, Panasonic Lumix GH5S mengandalkan sensor Micro Four Thrids beresolusi 10,2 MP. Eits tunggu dahulu, jangan langsung beranggapan MP kecil dan hasil gambarnya mengecewakan.

Dengan resolusi tersebut, kamera mirrorless ini justru mampu menangkap lebih banyak cahaya sehingga menghasilkan kualitas tinggi yang bening dan tajam.

Bicara soal kemampuan perekaman video, mirrorless besutan Panasonic tersebut menawarkan format DCI 4K berkecepatan 24p, 25p, 30p, 50p, dan 60p.

12. Fujifilm X-T2

Tidak mau kalah dari Panasonic, brand kamera ternama Fujifilm juga ikut meramaikan persaingan kamera mirrorless terbaik dikelas premium. Kali ini ada Fujifilm X-T2 yang bisa Anda beli di range puluhan juta.

Jika mirrorless lainnya didesain sedemikian rupa agar berbeda dari SLR, namun tidak dengan Fujifilm X-T2.

Baik dari segi fitur, kemampuan dan desainnya sangatlah mirip kamera DSLR. Hal ini bisa dilihat dari bodinya yang besar.

Demi menghasilkan gambar-gambar mengagumkan ala kamera premium, Fujifilm X-T2 dibekali segudang fitur-fitur menarik. Seperti prosesor X-processor pro, ISO 200-12800, dan sensor APS-C beresolusi 24,3 pixels.

Untuk fitur pendukung, itu terdiri dari Live View, Multi-Area, Phase Detect, Contrast Detect dan lain-lain. Kamera mirrorless ini mampu mengambil foto secara berturut-turut 10fps.

Sebagai perekaman video, sebenarnya sudah mampu menghasilkan resolusi 4K.

Namun dengan kecepatan 120fps, ia mampu menghasilkan 1080 pixels. Baik hasil foto dan videonya, sama-sama menampilkan hasil yang lebih tajam, jernih dan detail.

13. Canon EOS M5

Entah disadari ataupun tidak, jajaran kamera mirrorless terbaik yang dirilis oleh Canon memiliki konsep yang mirip dengan DSLR. Salah satunya adalah seri EOS M5.

Pada bagian handgrip, kita bisa melihat bentuk melengkung yang ergonomis. Nuansa khas DSLR semakin kentara, berkat posisi viewfinder yang berada tepat di tengah-tengah body kamera.

Demi menghasilkan gambar berkualitas tinggi, Canon EOS M5 dibekali sensor APS-CMOS beresolusi 24,3 pixels.

Kemampuannya terasa semakin tangguh, karena didukung prosesor gambar khas Canon yakni DIGIC 7.

Canon EOS M5 adalah kamera yang recomended untuk mengambil gambar-gambar bergerak, seperti hewan di hutan. Pasalnya, ia sudah dibekali Dual Pixel AF dan 49 titik fokus.

Kecepatan merekam gambarnya sebesar 7 fps dengan pemakaian continous AF. Hasilnya, setiap bidikan mampu menghasilkan gambar tajam dan mendetail walaupun pada objek bergerak sekalipun.

Itu wajar, mengingat fokus yang dimiliki mirrorless ini cukup cepat dan akurat.

Canon EOS M5 terasa mudah sekali untuk digunakan, sebab sudah dibekali layar sentuh 3,2 inch. Layar itu berfungsi sebagai tempat mengatur titik fokus.

14. Sony Alpha A9

Pembahasan tentang kamera mirrorless terbaik ini ditutup dengan produk unggulan dari Sony, yaitu seri Alpha A9.

Siapapun yang ingin meminangnya, wajib menyiapkan budget yang besar dan terasa banget menguras isi kantong.

Jika kebanyakan kamera mirrorless memiliki body lurus dan terlihat kaku, maka Sony lebih memilih desain bodi melengkung layaknya DSLR. Dengan harga segitu, kelihatannya wajar jika Sony Alpha A9 mengadopsi desain premium dan elegan.

Dari segi fitur, Alpha A9 tergolong komplit. Sudah tersedia ethernet port agar proses pemindahan file gambar ke komputer lebih cepat, serta dua slot SD card.

Mengusung sensor full frame, gambar yang bisa dihasilkan memiliki ketajaman 24,2 MP.

Untuk kecepatan merekam gambar, Sony Alpha A9 berhasil menorehkan 20 frame per detik dan shutter speed 1/32.000 detik. Merekam video sudah bisa mencapai resolusi 4K, dengan mode Quick Motion dan Slow Motion yang masih mentok di format HD.

Penutup

Itu tadi adalah sedikit ulasan mengenai daftar kamera mirrorless terbaik. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda semua. Pilih sendiri kamera mana yang sesuai dengan budget dan kebutuhan masing-masing.