Cara Mengukur Kecepatan Bandwidth Internet

Rasanya saat ini, internet seperti menjadi kebutuhan pokok yang perlu dimiliki. Bagaimana tidak, keseharian kita sekarang ini perlahan bergantung dengan internet. Mulai dari mengirim pesan chat, menelpon, menyimpan dokumen penting secara cloud, pertemuan virtual, dan lain-lain.

Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan kecepatan untuk mengaksesnya. Yang biasa dikenal dengan kecepatan bandwidth.

Nah kita perlu mengetahui kecepatan bandwidth internet ini, agar bisa mempertimbangkan berlangganan jaringan internet apa nantinya. Karena di luar sana banyak pilihan penyedia seperti, Telkomsel, XL, Indihome, dan lain-lain.

Lalu bagaimana caranya mengukur kecepatan bandwidth?

Sebelum lanjut, ada baiknya kita pahami dulu mengenai bandwidth itu sendiri.

Apa itu bandwidth?

Secara singkatnya, bandwidth internet merupakan kapasitas maksimal jalur komunikasi dalam melakukan proses pengiriman dan penerimaan data dalam hitungan detik. Biasa sering kita dengar dengan satuan Mbps (Megabyte per second).

Kalau dianalogikan, bandwidth ini seperti lebar jalan raya. Sedangkan data yang masuk melewati bandwidth diibaratkan seperti kendaraan yang melintasi jalan tersebut.

Jadi semakin sedikit kendaraan yang lewat, maka lalu lintas akan semakin lancar. Namun semakin banyak kendaraan yang lewat, maka lalu lintas di jalan tersebut akan tersendat sehingga akan mempengaruhi aktivitas kendaraan lain.

Semakin besar jalan raya (bandwidth), maka akan semakin banyak juga kendaraan yang dapat melaluinya. 

Maka dalam hal ini, bandwidth adalah faktor penentu dalam kecepatan mengakses internet.  Dikarenakan semakin besar bandwidth maka semakin cepat pertukaran data yang terjadi dan semakin banyak data yang dapat melaluinya dalam satu waktu.

Cara mengukur kecepatan bandwidth

Selanjutnya, untuk mengetahui kecepatan bandwidth internet, kita perlu aktifkan terlebih dahulu jaringan internet kita. 

Syarat yang kedua, kita berada di lokasi yang ingin kita ketahui kecepatan bandwidth-nya. Karena berbeda lokasi, akan mempengaruhi kecepatan akses internet.

Selanjutnya, kita perlu tools untuk mengecek kecepatan bandwidth internet kita. Saya rekomendasikan dua buah website berikut ini. 

1. speedtest.cbn.id

Silahkan kunjungi websitenya di https://speedtest.cbn.id/. Tampilan awal seperti berikut, lalu saja klik GO.

Hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut. Dimana kecepatan unduhan 11.6 Mbps, sedangkan kecepatan mengunggah 7.5 Mbps.

2. speedtest.net

Alat tes yang kedua adalah https://www.speedtest.net/id. Silahkan kunjungi websitenya dan klik MULAI.

Setelah selesai, akan terlihat hasilnya seperti gambar berikut. Dimana kecepatan unduhan sampai 46.81 Mbps, sedangkan unggahan 19.94 Mbps.

Lumayan jauh sih perbedaan data kedua tools di atas. Saya lebih cenderung memakai alat tes yang pertama.

Penutup

Demikian tadi, cara mengukur kecepatan bandwidth internet. Dengan mengetahuinya, kita bisa mempertimbangkan berlangganan penyedia internet mana yang akan kita gunakan dalam kebutuhan internet sehari-hari.