Iklan

Iklan

,

Iklan

Akhirnya selesai UP

Taufik Junaidie
17 Okt 2021, 10:05 WIB Last Updated 2021-10-17T03:05:28Z

Hari ini, saya baru bisa menuliskan pengalaman UP kemarin. Meski selesai UP rasanya lega banget, seperti kaya ada sesuatu yang lepas di kepala, tapi bawaannya pengen gak mau ngapa-ngapain. Maunya euforia aja, padahalkan belum tau hasilnya bagus atau tidak.

Oh ya, selesai UP kemarin perut terasa lapar sekali. Entah kenapa jadi begitu, padahal siang harinya saya sudah makan. Dan malam tadi pun saya tidur lebih cepat. 

Untuk pelaksanaan UP kemarin, ada sedikit drama. Bikin deg deg serrrr....

Jadi, pada pagi harinya sekitar jam 10.00 WITA, saya dapat info dari grub WA bahwa akan ada pemeliharaan jaringan Idihome wilayah tempat saya, mulai dari jam 12 siang. Whatssss....?

Padahal jadwal UP saya mulai jam 14.00 WITA.

Hal ini tentu sangat menggegerkan dan mengejutkan kami. Ini di luar dugaan, karena tidak biasaanya Indihome akan melakukan maintace.

PLN yang ditakutkan ada pemadaman, malah Indihome yang akan down. 

Padahal hari Kamis sebelumnya, saya sudah meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru untuk menyurati PLN, agar tidak ada pemadaman tanggal 16-17 Oktober. Dan surat itu sudah kami masukkan ke PLN.

Seandainya bakal tau begini, tentu memasukkan surat ke Telkom selaku penyedia layanan Indihome.

Kami langsung hubungi pihak Telkom, klarifikasi kebenaran info tersebut. Dan ternyata info tersebut benar.

Saya coba minta agar diundurkan agar maintance jangan hari tersebut. Atau paling tidak Telkomsel jangan ikut down. Tapi sayangnya jika Indihome maintance maka Telkomsel juga ikut down.

Saya nego lagi, meminta paling tidak waktu maintace diundur. Paling tidak nanti jam 5 saja atau malam sekalian. Aduan kami Alhamdulillah direspon baik oleh pihak Indihome. 

Meski begitu, saya tetap antisipasi membeli paket data untuk hotspot. Tidak tanggung-tanggung, saya beli 3 paket yaitu: Axis, Smartfriend, dan Indosat.

Awalnya saya menggunakan 1 HP saja yang digunakan untuk zoom, dimana ada 1 kartu telkomsel yang berisi paket data. Lalu saya tambahkan paket Smartfriend untuk cadangan.

Saya sediakan lagi satu Hp untuk slot axis dan Indosat. 

Jadi siap gass polll dengan 3 paket cadangan.

...

Ketika memasuki waktu jam 12 siang hingga pelaksanaan UP saya jam 14.00 WITA, jaringan Indihome masih berjalan lancar. Jadi saya teruskan saja makai Indihome.

Hanya saja, setengah jam sebelum habis waktu UP Indihome down. Lalu saya alihkan ke hotspot. 

Awalnya saya pilih menggunakan data Smartfreind, ternyata internetnya tidak lancar. Lalu saya coba alihkan ke Axis, Alhamdulillah jaringannya bagus.

Kemudian, saya lapor dengan pengawas UP karena terlempar dari zoom, dan bisa melanjutkan mengerjakan soal UP tersisa. 

Alhamdulillah semua soal UP bisa saya kerjakan hingga selesai. Jaringan internet lancar, dan listrik pun tidak ada pemadaman.

Penutup

Jadi begitu ya sobat, sedikit cerita saya kemarin ketika menghadapi UP. Semoga hasilnya bagus, dan lulus PPG tahun 2021 ini.

Jika saya lulus, Insya Allah saya terangkan trik dan teknik yang saya gunakan dalam mengerjakan UP.

Iklan