System

Kunjungan ke BPTIK Prov. Jateng

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 2 min read

Suatu kehormatan bagi saya bisa berkunjung ke BPTIK atau Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yang mana hanya ada 3 di Indonesia, yaitu di Jateng, Jabar dan Jatim. Badan ini langsung di bawah kementerian Kemenristek. Sedangkan saudaranya di daerah lain bernama BTKIP (Balai Teknologi Komunikasi Informasi Pendidikan), berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi.

Kedatangan kami diterima dengan sangat baik, mulai dari kami turun mobil disambut dengan ramah oleh ketua BPTIK beserta jajarannya. Semua pegawainya ramah-ramah. 

Kegiatan pertama kami di sana, sharing berbagai kegiatan oleh BPTIK Jateng. Di sini kami banyak mendapat inspirasi dari kegiatan inovatif mereka.

Lihat slide presentasi di sini

Kami berkesempatan juga mendapat pemaparan dari Kapten Belajar.Id Prov Jateng, Bp. Fakhrudin Sujarwo. Suatu kehormatan bagi saya bisa tatap muka langsung dengan beliau sebagai pembicara pada hari itu.

Lihat slide presentasi di sini

Di sana kami diajak room tour, dan ruangan pertama adalah room radio. Paka Yuli dan Pak Deni langsung diminta menjadi binyang tamu. Keren abis...

Selanjutnya kami diajak melihat Teleskop Bintang yang dimiliki oleh BPTIK Jateng. Teleskop ini hanya ada 3 dimiliki Balai, salah satunya di Jateng dan KalSel.

Selanjutnya kami diajak ke ruang bioskop mini, menonton pertunjukan simulasi planet. Tidak kalah menarik, ruangan ini bagai bioskop beneran. Peserta didik di ajak ke sini pasti akan antusias.

Terakhir, kami diliatkan hasil inovasi AR dan virtual reality.

Penutup

Demikian cerita kami melakukan kunjungan ke BPTIK Jateng. Banyak sekali insight yang saya dapat dari kunjungan hari itu. Semoga kapan-kapan bisa kembali kagi ke sini. Amin ya Robbal alamin...

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar