System

Museum Kereta dan Gedong Songo

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 3 min read

Hari kedua ini kami kembali bertamasya ke tempat menarik di Semarang. Tujuan pertama pertama kami arahkan ke Museum Kereta yang terletak di Kec. Ambarawa Semarang.

Berangkat sekalian cek out dari LPMP Jateng Kec. Banyu Manik Semarang, kami berangkat agak pagi. Ternyata lumayan jauh sih. Jalan yang dilalui juga cukup menanjak, sama seperti tempat wisata yang kami datangi di hari pertama.

Pertama kali masuk ke area museum kereta, rasananya enak dan adem. Lahannya lumayan luas. Bentuk bangunan dengan sentuhan nuansa belanda zaman dulu. Ada beberapa bangunan terminal kereta zaman dulu, kereta uap peninggalan zaman dulu, dan lain-lain

Menunggu jadwal keberangkatan kereta pada jam 11, kami isi waktu sambil foto-foto.

Awalanya saya kira, jalur kereta yang dijalani hanya seputar lingkunan museum, tapi ternyata kereta melalui perkampungan, jalan raya, dan melalui Rawa Pening.

Di atas kereta yang gerbongnya sudah tua, kami duduk cukup santai sambil menikmati suasana desa Semarang. Jalannya kereta cukup lambat, tembus setengah jam ke pemberhentian kedua. 

Di pemberhentiannya, kereta rehat sebentar, lalu kembali lagi ke terminal awal.

Setelah di museum kereta Ambarawa, kami lanjut jalan-jalan ke Gedong Songo. Tempat ini juga lumayan jauh dan menanjak. 

Sesampai di sana kami awali mengisi perut dulu, karena sudah masuk siang hari. Menu nya masih mirip-mirip makan di hari pertama.

Kemudian kami lanjutkan sholat zuhur, lalu ke candi. Informasinya ada 9 candi, namun mengingat total jarak dari candi pertama hingga akhir sangat jauh hampir 4 km, maka kami putuskan cukup sampai di candi pertama saja.


Suasana di sekitar candi enak banget. Lingkungan yang di lahan miring, tetapi dibuat asri, rapi dan bersih. Terlihat suasana kota dan Rawa Pening dari atas sana.

Penutup

Demikian cerita perjalanan kami ke Museum Kereta dan Gedong Songo, semoga kapan-kapan bisa jalan-jalan lagi ke sana.


Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar