Iklan

Iklan

,

Iklan

Tim POP Bertemu Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kotabaru

Taufik Junaidie
10 Nov 2021, 20:32 WIB Last Updated 2021-11-21T13:24:33Z

POP adalah Program Organisasi Penggerak, yang dijalankan oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia). Yang mana kegiatan ini adalah salah satu kebijakan Mas Men, yaitu organiasi penggerak. 

Program ini pertama kali diluncurkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim pada 10 Maret 2020. POP merupakan episode keempat dari terobosan kebijakan Program Merdeka Belajar yang digagas oleh Nadiem pasca ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai menteri.

Tahun ini IGI Kotabaru mendapat jatah POP untuk tingkat SD. Guru sasaran nya kelas 4 dan 5 serta kepala sekolah, dengan 13 sekolah sasaran dan 2 sekolah kontrol. Rencana pelaksanaan akan dimulai Hari Sabtu tanggal 13 hingga 18 Oktober 2021.

Kedatangan kami tadi, Alhamdulillah mendapat sambutan hangat dari Kabid GTK dan Pak Kepala Dinas. Bahkan beliau sangat mendukung kegiatan ini, sampai-sampai meminta kami mengadakan secara hibrid (tatap muka dan daring), karena melihat peserta ada yang dari sekolah di perkotaan. Sedangkan peserta yang jauh seperti SDN Tanjung Nyiur, bisa mehadiri melalui live streaming atau via zoom.

Kegiatan POP ini sejatinya adalah untuk meningkatkan kualitas guru. Sehingga diharapkan akan meningkatkan AKM di sekolah tersebut. Karena seperti yang disampaikan oleh Mas Men dalam sebuah video yang diunggah pada laman resmi Kemendikbud, menyatakan kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan.

Sebagi informasi, awal rencana kegiatan ini dirancang secara luring, tapi karena covid maka dirubah menjadi daring. Sistem pembelajarannya secara sincronus dan asincronus.

Jadi saya di sini nantinya bertugas sebagai instruktur kelas 4. Yang mana akan membersamai guru-guru kelas 4 dari 13 SD.

Kegiatan ini menjadikan kesempatan belajar bersama dengan guru-guru hebat. Bukan berarti saya adalah guru terbaik, namun saya harapkan adanya kolaborasi, bersinergi dan saling belajar nantinya.

Selesai kegiatan bertemu dengan Kepala Dinas kami ditraktir ketua IGI untuk makan bersama. 

Kegiatan pada hari ini berjalan lancar. semoga POP nantinya juga bisa sukses.

Iklan