System

Wisata Umbul Sidomukti

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 4 min read

Setelah berangkat dari Bandara Internasional Syamsudin Noor menempuh waktu sekitar 1 jam di udara, akhirnya kami sampai di Bandara Udara Internasional Ahmad Yani. Ini langkah pertama saya bisa menginjakkan kaki ke Semarang.

Kami lanjut makan sebentar, sebelum ke tempat wisata. Warung makan pertama yang kami kunjung di Semarang adalah Warung Makan Bu Fat. Letaknya tidak jauh dari jalan keluar Bandara.

Makanan di situ menurut saya unik, yaitu menyajikan khas Ikan Mayung. Saya tak tau persis sih bentuk ikannya, namun karena saya tidak biasa makan ikan sungai dan tidak suka makan ikan yang besar apa lagi tidak digoreng, jadi saya memutuskan makan cumi saja.

Perut kenyang, kami lanjutkan perjalanan ke tempat wisata Umbul Sidomukti. Menempuh beberapa jam dengan jalan yang cukup macet, ditambah jalan yang menanjak dan sempit, menjadi kenangan perjalanan hari itu.

Lokasi ini cukup jauh di atas pegunungan. Kita akan melewati kebun, seperti kebun bawang dan lain-lain. Kita juga akan melihat pemandangan danau yang luas, yaitu Rawa Pening. Kota Semarang pun bisa terlihat jelas dari atas sana.

Yang menariknya, di atas sana banyak spot foto keren. Yang suka main Instagram bakal banyak konten buat diupload.

Setelah tiba di atas, kami lanjut sholat sebentar, lalu kami mulai ke spot yang pertama, yaitu masuk ke gua.

Gua ini ternyata peninggalan jepang. Mungkin saat itu sebagai tempat persembunyian. Kalau kita masuk ke dalamnya, akan ada beberapa tulisan di dinding yang menjadi kata pengantar gua, sambil kita menyusurinya.

Yang tak kalah penting adalah pemandangan di ujung gua. Pemandangan yang sangat luar biasa, dimana  kita berdiri di jurang yg sangat tinggi, di seberangnya ada hutan yang indah, bahkan awan-awan di seberang sana terlihat sejajar di bawah kita. Coba perbesar gambar berikut, keren deh.

Yang saya suka, di sini ada tempat ngopi. Cocok banget suasana dingin. Tempatnya asik banget. Banyak spot fotonya yang instagramable.

Pokoknya saya betah dah di sini. Tempatnya keren dah pokoknya.

Penutup

Demikian cerita saya ke Umbul Sidomukti, semoga kapan-kapan bisa ke sini lagi. Amin ya Robbal alamin.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar