System

Edge atau Chrome? Cek 2 Alasan Saya Berikut

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 3 min read

Baru-baru ini lagi rame Microsoft mengajak pengguna Windows beralih menggunakan browser Edge, dengan cara memunculkan pesan-pesan ajakan pada pengguna Windows 10 dan 11. Pesan-pesan tersebut muncul saat kita membuka laman mengunduh Chrome yang mana kalimatnya seperti berikut:

  • Microsoft Edge runs on the same technology as Chrome, with the added trust of Microsoft.
  • That browser is so 2008! Do you know what's new? Microsoft Edge.
  • 'I hate saving money,' said no one ever. Microsoft Edge is the best browser for online shopping.

Memang ada peningkatan pengguna browser Edge, dan menjadikan browser pengguna terbanyak kedua, berhasil menyalip Firefox. Berdasarkan stastik dari StatCounter bulan November 2021, Edge berhasil unggul sedikit dengan jumlah pengguna desktop 9,52%. Sementara Firefox meraih jumlah 8,35%.

Meski begitu, saat ini Chrome masih peringkat pertama dengan 66,38 % pengguna. Ini membuktikan memang masih banyak yang nyaman dengan Google Chrome.

Lalu jika ditanya, Taufik pilih Edge atau Chrome?

Jujur saat ini saya sangat jatuh hati dengan Chrome. Kenapa? Berikut 2 alasan penting saya.

1. Terhubung satu untuk semua

Saat ini saya sudah terbiasa bekerja dan berkolaborasi dimana saja dan kapan saja. Apalagi saat ini guru dan siswa mendapat bantuan akun belajar.id sehingga bisa mengakses Google Workspace for Education, dimana fasilitas yang didapat sudah sangat luar biasa. Salah satu kemudahan yang didapat, kita bisa bekerja dan mengajar dengan blended, baik melalui HP atau dekstop.

Selain itu, sistem yang dibangun di Chrome, bagai pintu Doraemon yang bisa pergi kemana saja. Memang benar-benar membuat pekerjaan satu tempat karena semua terhubung. 

Kalau kita lihat di browser Chrome, sudah dibuatkan akses ke berbagai aplikasi Google Workspace. Semuanya bisa diskinkronkan, baik dengan data penyimpanan, file pekerjaan, jadwal kalender, dan lain-lain.

Itulah yang membuat Chrome begitu spesial bagi saya. Meskipun di Edge juga berupaya membangun sistem seperti itu yaitu Office 365, tetapi Chrome lebih enak dari tampilan antarmukanya, lebih simpel dan ringan.

2. Fitur yang mendukung segala pekerjaan

Ada fitur Chrome yang saya pakai sejak lama hingga rasanya tidak bisa move on. Bahkan ada beberapa yang tidak ada di browser lain. 

Selain bisa membuat file jadi PDF, fitur yang sangat maksud adalah bookmark dan ekstension.

Ekstension itu sendiri adalah sebuah aplikasi kecil yang letaknya di bagian atas Chrome yang dapat memberikan fitur tambahan, memodifikasi, dan meningkatkan fungsionalitas dari Google Chrome itu sendiri. Nah, ekstension yang saya butuhkan, seperti: Keyword Everywhere, Mozbar, Colorzilla, Docs, Sheets, FireShot, dan lain-lain. 

Selain ekstension ada namanya Bookmark. Ini juga tak kalah sangat memudahkan saya. Fitur ini membantu saya dalam mengelola link jika ingin membuka lagi. Bahkan hebatnya bisa dibuat folder.

Penutup

Itulah beberapa alasan saya kenapa masih jatuh hati menggunakan Chrome. Jadi, meski ada saingan terbarunya, biasanya tidak jauh-jauh fitur yang dimiliki oleh Chrome. So, sobat pilih yang mana nih? berikan alasannya jika ada selain di atas, boleh tambahkan di kolom kementar.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar