System

Pelatihan Aktivasi dan Pemanfaatan Akun Belajar.Id di KKG Gugus 1 Mawar

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 4 min read

Jawara aktivasi belajar.id sudah diumumkan pada beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah Prov. Kalsel menduduki peringkat 1 aktivasi tertinggi se-nasional, dan Kab. Kotabaru peringkat 3 se-Kalsel. Meskipun begitu, sosialisasi aktivasi tidak berhenti sampai di situ. Seperti yang dilakukan oleh KKG Gugus 1 Mawar yang melaksanakan kegiatan dengan mengusung tema aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id.

KKG yang berada di Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru ini, melaksanakan satu hari kegiatan pada tanggal 08 Desember 2021. Dukungan kegiatan ini sangat besar, terbukti dengan dihadirinya Sekcam yang baru, Bp. Saiful Rakhman, SE. Ini bukti perangkat kecamatan di sana sangat mendukung akan kemajuan pendidikan di Kelumpang Hulu.

Foto dari kiri ke kanan, Bp. Suryani, A.Ma.Pd (Pengawas), Bp. Sukirna,S.Pd (Kepala SD Sidomulyo), Bp. Saiful Rakhman, SE (Sekcam Kelumpang Hulu), Taufik Junaidie (Narsum), Bp. Khairul Effendi, S.Pd. (Ketua KKG Gugus 1 Mawar), saat kegiatan sambutan dari Ketua KKG Gugus 1 Mawar.

Kegiatan ini sangat bermanfaat, mengingat data jumlah aktivasi akun belajar.id tingkat SD se-Kotabaru masih 47,36 % (data cek tanggal 07 Desember 2021).

Selain itu, masih banyaknya guru-guru yang belum tau bagaimana cara memanfaatkan akun belajar. Meskipun sebagian besar akun mereka sudah diaktivasi, hanya saja belum dimanfaatkan. Kebanyakan mereka bingung memulai dari mana cara memanfaatkan akun tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di SD Negeri Sidomulyo, kec. Kelumpang Hulu ini, dihadiri oleh:

  1. Sekcam Kelumpang Hulu, Bp. Saiful Rakhman, SE
  2. Pengawas, Bp. Suryani,A.Ma.Pd
  3. Kepala SD Negeri Sudomulyo, Bp. Sukirna,S.Pd
  4. Ketua KKG Gugus 1 Mawar beserta pengurus, Bp. Khairul Efendi, S.Pd.
  5. Kepala sekolah dan guru-guru se Gugus 1 Mawar
Sambutan dari Sekcam Kelumpang Hulu, Bp. Saiful Rakhman, SE
Dalam kegiatan ini, secara umum disampaikan bagaimana cara aktivasi akun belajar. Dari asesmen awal sebelum kegiatan, didapati permasalahan yang dihadapi mereka, bagaimana meaktivasi akun yang tidak ada passwordnya. Ada juga bagaimana cara reset password bagi yang lupa.

Pembahasan juga menitik beratkan bagaimana dan apa yang dilakukan serta bagaimana sih cara memanfaatkan akun belajar.id. Sebagian besar dari mereka tidak tahu, apa yang semestinya dilakukan pertama kali dalam pemanfaatan akun belajar.id.

Penyampaian materi oleh Taufik Junaidie,
S.Pd. (Google Certified Educator)

Kegiatan kali ini berjalan dengan lancar. Bapak/Ibu guru-guru dari Gugus 1 Mawar memiliki semangat yang tinggi dalam berkegiatan mendukung KKG Gugus 1 Mawar. 

Sebelum menuju pulang, saya coba mencicipi masakan dari warung makan terkenal di sana. 

Penutup

Demikian kegiatan Pelatihan Aktivasi dan Pemanfaatan Akun Belajar.Id di KKG Gugus 1 Mawar, semoga dengan kegiatan ini membawa manfaat peningkatan kompetensi guru di bidang IT sehingga bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran, dan hasil akhirnya adalah kemajuan dunia pendidikan di Kotabaru dan Indonesia secara umumnya.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar