System

Bimtek Vidio Animasi Pembelajaran oleh BTIKP Kalsel

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 5 min read

BTIKP kembali membuat gebrakan bagus untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang TIK, yaitu Bimtek pembuatan vidio animasi pembelajaran. 

Bimtek pembuatan berupa vidio sebenarnya sudah diadakan selama beberapa tahun ini, hanya saja baru kali ini berupa vidio animasi, yang menggunakan animasi dan suara kita sebagai voice over.

Bimtek ini sangat bagus sekali, mengingat vidio adalah sarana sangat efektif untuk belajar siswa. Karena selain lebih mudah diserap siswa, vidio akan mudah diulang-ulang oleh siswa dalam belajar, baik di sekolah atau di rumah.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Nasa Banjarmasin ini, dimulai dari tanggal 7 sampai dengan 9 Maret 2022. Selama 3 hari di sana yang mendapat penuh materi "daging"

Dari kegiatan ini, apa yang saya dapat?

Kegiatan ini selain ditanggung transportasi dan akomodasinya, saya mendapat ilmu pengalaman luar biasa berharga. Kami bisa belajar langsung dengan ahlinya mengenai berbagai aplikasi, mulai dari aplikasi pembuat vidio animasi, aplikasi membuat game, aplikasi membuat game ke HTML5, aplikasi Virtual Reality, dan lain-lain. Dan hebatnya, cukup 3 hari kami berhasil membuat karya.

Bimtek ini sangat aplikatif, karena selain sudah disediakan alat bahan, baik berupa headset + micropon, juga diberi flasdisc yang sudah berisi aplikasi dan aset untuk pembuatan vidio animasi. Jadi kami tinggal pakai, tanpa ribet lagi.

Ada yang menarik dari kegiatan ini, yaitu akan dipilih 2 peserta terbaik setelah hari ketiga. Dan ternyata tanpa disangka saya mendapat penghargaan terbaik #1 atas vidio animasi yang saya buat. Ini pengalaman yang berkesan sekali yang saya dapatkan.


Kegiatan ini salah satu angin segar bagi guru-guru, terlebih sudah sekitar 2 tahun kegiatan pelatihan secara tatap muka vakum dilaksanakan. Selain itu, guru-guru di daerah terlebih di pelosok seperti saya akan sangat terbantu. Tentu ini akan menjadi jalan untuk meningkatkan kompetensi di bidang TIK.


Penutup

Demikian cerita saya di bimtek pembuatan vidio animasi pembelajaran. Semoga kegiatan ini selalu berlanjut, dan semakin meningkatkan kompetensi guru-guru di bidang TIK.

Galeri gambar


Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar