System

Pelatihan di TK Pelita Jaya

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 2 min read

Kegiatan pelatihan hari ini tanggal 11 Juli 2022 di TK Pelita Jaya, TK yang berdampingan sekolah tempat saya mengajar di SD Negeri 1 Hilir Muara.

Kami mesti belajar dengan TK ini, karena salah satu Sekolah Penggerak di Kotabaru. Termasuk kegiatan hari ini adalah rangkaian kegiatan program tersebut.

Sekolah ini sudah menunjukkan, membuat perubahan dan bergerak dimulai dari yang kecil, meski dari kelompok kecil. Justru perubahan besar berawal dari perubahan-perubah kecil.

Dalam kegiatan ini saya menyampaikan materi mengenai pembuatan media pembelajaran kreatif. Tidak lupa, pemanfaatan akun belajar.id untuk berbagai media yang bisa digunakan.

Dalam kesempatan itu saya tawarkan beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan dalam pembelajaran. Dari beberapa aplikasi tersebut, mereka tertarik dengan Canva.

Mereka sedikit terkejut, ternyata presentasi yang saya lakukan justru sudah menggunakan Canva. 😁

Lebih dari itu, saya menggunakan belajar.id dan sudah menjadi akun pro edu, sehingga bisa mengakses template pro dan lain-lain. Bahkan mereka bisa ikut juga mengaksesnya, karena saya masukkan ke kelas saya di Canva.

Hal-hal seperti ini, ternyata masih banyak yang belum mengetahui. Sehingga saya berkesimpulan, kegiatan seperti ini semestinya lebih banyak diadakan, untuk peningkatan pengetahuan dan kompetensi guru.

Selain itu saya juga sosialisasikan manfaat belajar.id., yaitu bisa membuat aplikasi android administrasi mengajar. Dan ada kesempatan mendaftar menjadi peserta pelatihan di BTIKP melalui registrasi di laman belajar.kawanimasiku.id.

Penutup

Demikian cerita kegiatan saya pada kali ini, semoga semakin banyak kegiatan-kegiatan seperti ini, sebagai wadah sharing kita, untuk peningkatan kompetensi kita bersama.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar