System

Proyek Desain Ruang Kelas

"Desain ruang kelas adalah hal yang menarik untuk dibahas. Berikut adalah proyek yang akan kami lakukan."

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 4 min read

Mungkin teman-teman juga pernah mendengar pepatah "Place is heart". Saya setuju sekali dengan kalimat tersebut. Karena tempat memang sangat mempengaruhi perasaan siapapun yang berada di dalamnya. Buktinya, jika kita masuk ke dalam ruangan yang rapi, bersih, dengan tatanan yang menarik, pasti kita bergumam "woww...!!!". 

Itulah kenapa setiap awal tahun ajar, ruang kelas adalah yang pertama saya perhatikan. Mulai dari merapikan buku di lemari, membersihkan setiap sudut kelas, mengatur susunan sepatu, pajangan dinding, hingga memperhatikan detail setiap hari mengenai kebersihan dan kerapian kelas.

Sayangnya, sampai saat ini saya belum berhasil membuat kelas dengan desain yang unik. Padahal saya begitu tertarik dengan tata ruang. Bahkan saya pernah membahasnya pada pada postingan hiasan kelas keren.

Nah, tulisan kali ini saya akan coba membuat proyek desain ruang kelas, di kelas saya sendiri. Dimana saya akan update perkembagannya melalui seri postingan.

Kenapa mengadakan proyek desain ruang kelas?

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa saya ingin mengadakan proyek ini.

1. Ingin mendapat suasana baru

Suasana baru bagai merefreshing otak. Semakin fresh otak, saya yakini akan meningkatkan kinerjanya. Sehingga diharapkan akan membantu membuka ide-ide baru, dan menghasilkan banyak karya.

Selain itu, suasana baru juga mempengaruhi mood seseorang. Jangan anggap murid-murid kita benda mati. Mereka juga makhluk yang mempunyai rasa. Bahkan perilaku peserta didik lebih dominan dipegaruhi oleh perasaan.

Jadi, saya kira dengan perubahan suasana baru ini sagat bagus dilakukan.

2. Tidak hanya berteori

Seperti yang saya sampaikan di awal tadi, bahwa saya pernah membahas mengenai tata ruang kelas pada postingan sebelumnya. Namun saya belum pernah membuat desain kelas yang unik ala-ala ruang kelas TK. Coba perhatiin deh, kelas-kelas TK itu unik kan? Mereka kreatif, banyak memajang bermacam hasil kreasi.

Saya tergerak lagi ketika melihat postingan teman di FB mengenai karya-karya desain kelas. Sehingga saya kembali terinspirasi dan merasa harus berbuat sesuatu demi keinginan yang sudah lama. Meskipun hasilnya sederhana saja, dan dimulai yang kecil-kecil.

3. Bahan postingan di TJ dot com

Saya adalah orang yang suka menulis. Namun terkadang saya berfikir, tulisan apa yang benar-benar bermanfaat. Karena para pembaca akan terpuaskan jika tulisan tersebut memuat bukti dan dampak langsung.

Nah, dengan ide tulisan ini membantu saya menambah bahan yang akan saya bahas nantinya. Semoga dapat lebih menghidupkan blog ini. Dan yang terutama semoga memberi manfaat bagi pembaca.

Apa manfaat proyek ini?

Dalam dunia pendidikan ada dikenal dengan best practic. Saya rasa ini semestinya juga termasuk praktik baik yang perlu dibagikan. Karena selama ini kita lebih banyak fokus ke pembelajaran saja, sangat sedikit yang betul-betul membahas penataan ruangan kelas.

Padahal ruang kelas adalah satu-kesatuan dengan proses belajar mengajar. Entah bagaimana pun kondisi kelas yang ada dimiliki oleh sekolah. Tetap perlu penataan. Karena ada ruang kelas yang bangunannya biasa saja, tapi kita serasa enak tinggal di dalamnya. Namun ada juga ruang kelas yang sebenarnya mewah, beton, dan ber-AC, tetapi serasa kurang enak ditinggali.

Maka dari itu, penataan itu penting. Namun sayangnya banyak juga guru yang mengesampingkan ini. Jujur deh, disekolah teman-teman begitu juga?

Apa yang akan saya lakukan?

Gambar bagian belakang ruang kelas kami

Setelah saya mendapat ide, saya langsung membagikan pikiran tersebut kepada murid-murid untuk desain ruang kelas minimalis. Mereka pun terlihat antusias. Hanya saja, kami masih bingung desain yang bagaimana yang akan kami lakukan.

Hari ini tadi ketika pembelajaran di kelas, saya tidak bisa mengajar. Karena kebetulan ada beberapa pekerjaan sekolah yang tidak bisa ditinggalkan. Lalu saya ada ide memberi tugas kepada murid-murid, untuk brainstorming ide mengenai desain kelas.

Saya bagikan masing-masing selembar keras HVS. Kemudian meminta mereka mencari ide dan menggambarkannya. Hasilnya tak seberapa unik sih, tapi di sini paling tidak membuat mereka terlibat dalam projek ini.

Oh ya, sembari saya kerja di meja guru. Ada beberapa murid yang cukup serius mendiskusikan hiasan apa yang akan mereka buat. Mereka saling bertukar pikiran, mulai dari bahan apa dan bagaimana memasangnya. 

Jadi sementara itu bayangan yang bisa saya lakukan. Rencananya nanti kami akan eksekusi sekitar hari sabtu. 

Ada saran?

Sejujurnya saya masih belum banyak ide dan bahan apa yang akan kami gunakan nanti. Untuk sementara saya meminta anak-anak mengutamakan barang bekas saja seperti kardus dan lain-lain. Jika ada saran dari teman-teman, mohon tambahkan di kolom komentar ya?

Penutup

Demikian postingan kali ini, semoga dengan proyek desain ruang kelas ini memberikan pengalaman baik bagi peserta didik dan pembaca blog TJ dot com. Jika ada saran masukan silahkan tambahkan di kolom komentar ya.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar