System

Sosialisasi Akun Belajar.id, Rapor Pendidikan, dan Dapodik di Kecamatan Kelumpang Tengah

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 1 min read

Kemarin, tanggal 13 September 2022 saya mendapat kesempatan pertama kali menginjakkan ke tanah Tanjung Batu, yaitu ibu kota Kecamatan Kelumpang Tengah. Tapi ke sana bukan hanya untuk jalan-jalan ya, hehe. Tapi dalam rangka sosialisasi mengenai akun belajar.id, rapor pendidikan dan Dapodik.

Kenapa Dinas Pendidikan mengadakan kegiatan ini? karena kedepan perbaikan kualitas pendidikan dan pendanaan akan berbasis data. Data mana yang dipakai? yaitu dari asesmen nasional dan survey lingkungan belajar, yang disajikan di dalam rapor pendidikan.

Nah untuk masuk ke rapor pendidikan mesti menggunakan akun admin belajar.id. Sayangnya, masih banyak sekolah yang belum login, ekspolore dan unduh rapor pendidikan. Bahkan Kotabaru peringkat tertinggi dalam hal tersebut untuk di Kalsel.

Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan membantu teman-teman yang mengalami kendala baik aktivasi akun belajar, belum login dan unduh rapor pendidikan, serta mendorong sekolah-sekolah lebih memperhatikan data di Dapodik. 

Tempat pelaksanaan di SDN Tanjung Batu, Kec. Kelumpang Tengah. Kecamatan ini dipilih karena salah satu kecamatan yang banyak sekolahnya. Selain itu ada beberapa sekolah yang belum login rapor pendidikan. Dan di sekolah ini adalah lokasi yang terbaik untuk akses internet di banding daerah sekitarnya di kecamatan tersebut.

Dalam kegiatan kemarin dihadiri oleh:

  1. PLT Camat Kelumpang Tengah
  2. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Kasubag Perencanaan Dinas Pendidikan dan Kebduayaan
  4. Beberapa staf dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  5. Narasumber 
  6. Perwakilan setiap sekolah sebanyak 2 orang se kecamatan Kelumpang Tengah

Kegiatan di sana Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Yang mana saya mengira presentasi tidak bisa menggunakan LCD, karena infonya hari senin hingga kamis mati lampu kalau siang. Ternyata panitia di sana mengusahakan menyediakan mesin generator untuk menghidupkan listrik.

Alhamdulillah kegiatan kemarin lancar, dan heboh. hehe...

Akhir kata

Demikian cerita kegiatan sosialisasi kemarin, semoga dengan kegiatan ini semakin banyak sekolah yang menyelesaikan login, eksplore dan unduh rapor pendidikan serta memanfaatkan akun belajar.id dalam pembelajaran maupun sehari-hari.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar