System

Sosialisasi Akun Belajar.id, Rapor Pendidikan, dan Dapodik di Kec. Sampanahan

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 2 min read

Tour sosialisasi akun belajar.id bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kotabaru kembali dilaksanakan. Kali ini tujuan kami ke kecamatan Sampanahan. Salah satu kecamatan yang terjauh bagian utara Kab. Kotabaru.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong lagi aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id. Terlebih di daerah pelosok, kebanyakan masih belum menyadari begitu bermanfaatnya akun pembelajaran ini.

Sekedar informasi, akses menuju ke sana ternyata sangat sulit. Medan yang dilalui sangat rusak, sehingga perjalanan menjadi sangat lambat dan melelahkan. Meski begitu, pengalaman ini menjadi berharga, bagaimana luar biasanya pendidik yang ada di daerah sana dalam mengambdi untuk negara.

Kami berangkat pada hari Selasa siang tanggal 20 September 2022, dan tiba sore hari sekitar jam 6 sore. Alhamdulillah kami disambut hangat oleh rekan-rekan guru di sana.

Selama di sana kami menginap di salah satu rumah warga. Dimana masyarakat di sana ternyata ramah-ramah.


Pelaksanaan sosialisasi di SDN 1 Gunung Batu Besar ini dihadiri oleh:

  1. Kasubag Perencanaan Dinas Pendidikan dan Kebduayaan
  2. Beberapa staf dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Narasumber 
  4. Perwakilan setiap sekolah sebanyak 2 orang se kecamatan Kelumpang Tengah

Hasil dari kegiatan ini, guru-guru di sana jadi lebih mengerti pentingnya akun belajar.id. Dan mereka bisa mengerti harus memulai dari mana dalam memanfaatkan akun belajar.id.

Yang saya dapatkan dalam pengalaman tersebut adalah, sebagian besar mereka tidak tahu harus apakan akun belajar.id ini, dan dimulai dari mana.

Penutup

Demikian cerita singkat pengalaman saya berkunjung ke kecamatan Sampanahan. Semoga kegiatan ini membawa berkah, dan kapan-kapan bisa ke daerah lain untuk berbagi dan berkolaborasi bersama.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar