[Recomended] 8 Kamera DSLR Terbaik


Kamera DSLR terbaik masih dikuasai sejumlah produk keluaran pabrikan ternama, seperti Canon, Nikon dan Pentax.

Meskipun eksistensi DSLR sudah tidak seperti dahulu sebelum tergeser kamera mirrorless dan smartphone, namun bukan berarti peminatnya sepi.

Sebagian besar orang dan kalangan fotografer profesional masih setia menggunakan kamera DSLR untuk memenuhi kebutuhan fotografinya.

Jika dibandingkan kamera smartphone dan mirrorless, DSLR memiliki keunggulan pada hasil foto yang lebih bagus dan ketersediaan berbagai macam pilihan teknik memotret.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini banyak kamera DSLR terbaik yang mulai turun harga. Sehingga tidak perlu mengeluarkan modal besar ketika ingin membeli kamera DSLR berkualitas jempolan sob.

Lantas, apa saja sih rekomendasi kamera yang bisa menjadi pertimbangan untuk dibeli? Mari kita bahas bersama-sama pada postingan singkat berikut.

Note: Harga kisaran disebutkan di bawah, bisa berubah-rubah.

A. Pilihan kamera DSLR terbaik dan nurah, harga bersahabat dengan kualitas hebat

1. Nikon D5200

Nikon D5200 adalah pertimbangan utama ketika sedang mencari kamera DSLR terbaik yang dibanderol harga murah sob. Cukup menyiapkan budget Rp. 5 jutaan, kita sudah bisa membawa pulang kamera ini.

Nikon D5200 hadir dengan desain biasa-biasa saja, namun untuk urusan spesifikasi sangatlah memuaskan.

Ada layar 3 inch yang bisa diputar ke segala arah dan berfungsi memudahkan Anda memotret objek sulit dijangkau. Ingin swafoto? Anda cukup memutar layarnya saja.

Kamera DSLR terbaik persembahan Nikon ini sudah tergolong baik dalam memotret gambar. Setiap jepretannya terlihat jernih dan tajam, baik ketika siang atau malam hari.

Hasil gambar yang memuaskan tadi berkat penggunaan sensor CMOS DX-Format beresolusi 24 megapixels.

Ada pula prosesor Image EXPEED 3 yang bisa mengoperasikan 39 titik AutoFocus dan memotret gambar secara beruntun sebanyak 5 frame per detik.

Bagi yang ingin merekam video menggunakan Nikon D5200, kualitas videonya sudah mampu full HD 1080p berkat fitur D-Movie.

Kecanggihan Nikon D5200 masih belum berakhir, lantaran masih ada fitur AF Tracking dan Full Time Servo AF. Fitur tersebut berguna untuk melacak fokus pada obyek bergerak, sehingga membuat hasil videonya tidak berantakan.

Bagaimana menurut sobat, apakah Nikon D5200 layak menjadi pilihan utama dikelas kamera DSLR murah?

2. Nikon D3400

Meskipun sama-sama dijual di range harga Rp. 5 jutaan, akan tetapi Nikon D3400 hadir dengan spesifikasi sedikit lebih unggul dan fitur perekaman video lebih komplit. Sehingga, membuat kamera DSLR terbaik kali ini lebih memuaskan untuk memotret gambar dan merekam video.

Nikon D3400 cocok banget dibawa bepergian, karena bobotnya hanya 395 gram saja.

Hadir dengan bekalan prosesor Image EXPEED 4, membuat kamera ini mampu memotret gambar lebih cepat.

Sebagai lensa utama, Nikon sudah menyematkan sensor CMOS beresolusi 24,2 MP tanpa kehadiran low-pass filter.

Kombinasi keduanya dipercaya mampu menghasilkan foto yang lebih bagus dan tajam. Setiap detail gambar bisa dilihat dengan baik.

Oh iya, kamera DSLR Nikon seri D3400 ini dibekali ISO 100-25600. Kecepatan memotret gambar mencapai 5 frame per detik secara beruntun.

Hebatnya, fitur autofocus mampu menjaga fokus gambar agar tetap terlihat baik walaupun dalam kondisi minim cahaya.

Berbagi hasil foto ke smartphone kini lebih mudah, karena Anda bisa mengirim dengan cepat dan mudah menggunakan aplikasi SnapBridgen. Kita bisa mengunduhnya di Apple Store dan Google Play Store.

Dipakai untuk merekam video juga oke banget, karena kamera DSLR terbaik ini sudah dilengkapi lensa VR terbaru yang berfungsi untuk membantu autofokus tetap mulus dan mencegah suara lensa terekam.

Selain itu, kamera ini bahkan bisa dengan mudah merekam:
  • Video slow-motion
  • Time-lapse
  • Video berdefinisi tinggi
Bagaimana, keren bukan?

3. Canon EOS 700D

Untuk bersaing di kelas kamera DSLR terbaik dan murah, Canon menghadirkan produk unggulannya yang diberi nama EOS 700D.

Kamera DSLR seharga ini hadir dengan sensor CMOS 18 berkekuatan megapiksel. Meski diatas kertas resolusinya kalah dari Nikon D5200 dan D3400, namun faktanya hasil foto kamera Canon EOS 700D tetap kelihatan jernih dan memiliki detail bagus.

Canon juga sudah menyematkan prosesor DIGIC 5 yang berfungsi untuk memperbaiki tingkat akurasi warna dengan cara menyesuaikan white balance pada hasil gambar. Proses ini menggunakan teknologi Intelligent Multi-area.

Memiliki ISO 100-12800 yang masih bisa ditingkatkan pada H mode sampai ISO 25600, membuat hasil jepretan EOS 700D tetap kelihat jelas dan berkualitas tinggi. Bahkan pada kondisi minim cahaya tanpa bantuan flash sekalipun.

Sobat pasti senang bermain-main dengan DSLR yang satu ini, karena sudah tersedia 7 filter kreatif. Filter kreatif itu bisa diterapkan sesudah pengambilan gambar, yang terdiri dari:
  • Water painting effect
  • Fish-eye effect
  • Miniature effect
  • Soft focus
Meski dirilis untuk bersaing di kelas entry level, akan tetapi Canon masih tetap menghadirkan fitur unggulan pada EOS 700D.

Untuk memudahkan pengguna memotret gambar, disediakan layar sentuh bertipe vari-angle clear view LCDII yang bisa diputar keluar hingga 3600. Pengguna sekarang bisa memotret dari semua sudut pandang, baik itu posisi high-angle ataupun low-angle.

Canon EOS700D juga tergolong sebagai salah satu kamera DSLR terbaik yang cocok untuk pemula. Karena ada sejumlah pengaturan yang mudah sekali dioperasikan, seperti halnya mode:
  • Pengatur ISO
  • Matering
  • AF Point
  • Level horizontal
Kemampuannya terasa semakin sempurna berkat dukungan sistem Hybrid CMOS AF. Sistem tersebut berfungsi meningkatkan kecepatan auto focus untuk menjaga tangkapan gambar. Sehingga, fokus gambar terlihat baik meski pada mode movie-shooting atau live view.

4. Pentax K-50

Selain Nikon dan Canon, kamera DSLR terbaik dan murah juga hadir dari produsen ternama Pentax.

Jika pada seri K-30 sebelumnya dirasa sudah cukup memuaskan, maka Pentax K-50 membawa lebih banyak keunggulan.

Menarik untuk diketahui, ternyata Pentax hadir dengan bodi yang kokoh dan tangguh. Ada fitur perlindungan terhadap cuaca, yang membuatnya bisa Anda gunakan untuk memotret disegala kondisi cuaca.

Cocok banget dipilih bagi yang hobi berpetualang di alam bebas untuk memotret segala keindahannya.

Dibekali prosesor PRIME M dan sensor CMOS APS-C 16 MP, membuat Pentax K-50 mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Kita bebas memotret apapun yang ada disekeliling, dengan hasil yang tajam dan detail.

K-50 juga sudah dibekali teknologi autofokus SAFOX IXi+ yang membuat autofokusnya bisa bekerja lebih cepat dan akurat. Kecepatan shutter mencapai 1/6000 detik dengan ISO 100-51200.

Dengan demikian, membuatnya sangat bisa diandalkan untuk memotret objek pada kondisi low-light.

Supaya pengguna merasa lebih puas, Pentax telah membekali kamera DSLR terbaiknya ini dengan fitur shake reduction system. Fitur itu mampu mencegah blur ketika sedang memotret gambar.

Sementara itu, perekaman video yang dihasilkan Pentax K-50 sudah mampu beresolusi Full HD 1920x1080p. 

Terakhir, pemindahan foto dan video terasa lebih mudah, karena mendukung pengiriman file lewat WiFi.

B. Rekomendasi Kamera Canon Terbaik yang Cocok Untuk Fotografer Pemula dan Profesional

5. Canon EOS 750D

Sebelumnya kita sudah membahas deretan kamera DSLR terbaik dan murah yang cocok untuk penggunaan ringan sehari-hari. Sekarang kita beralih ke kamera yang memang dirancang untuk fotografer.

Kamera ini siap membantu menghasilkan foto profesional dengan mudah. Ada beberapa mode scene menarik seperti:
  • Kids mode
  • Handheld night scene mone
  • Food mode
  • Monochrome mode
Harga Canon EOS 750D yang tidak sampai 15 jutaan, siapa sangka sudah dibekali teknologi tinggi.

Berbekal sensor CMOS APS-C beresolusi 24.2 mega pixels, kamera ini mampu menghasilkan foto dengan noise lebih rendah dan gambar lebih detail.

Menemukan fokus pada objek gambar lebih mudah, karena sudah tersedia 19 titik AutoFocus tipe silang. Dengan penguncian gambar yang baik, maka wajar jika hasil fotonya keren.

Sementara itu, untuk memaksimalkan hasil jepretan di kondisi minim cahaya, Canon EOS 750D memiliki sensitivitas 100-12800. Angka itu masih bisa ditingkatkan lagi sampai ISO 25600 pada extended mode.

Kamera DSLR terbaik ini juga sudah dibekali prosesor DIGIC 6. Ia mampu memotret gambar secara beruntun 5 frame per detik.

Semua orang yang baru saja belajar seni fotografi dijamin suka dengan Canon EOS 750D, karena kemudahannya yang sangat ramah terhadap pemula.

Itu bisa dilihat dari keberadaan layar LCD seluas 3 inch. Layar tersebut bisa diputar kesemua arah, sehingga memotret jadi lebih gampang.

Tidak lupa, Canon juga sudah menyematkan fitur intelligent viewfinder pada kamera DSLR terbaik miliknya. Fitur itu berfungsi untuk menampilkan titik fokus pada seluruh area frame.

Dari sisi perekaman video juga tidak kalah menarik, sobat bisa merekam video beresolusi Full HD. Berkat dukungan Hybrid CMOS AF III, obyek yang bergerak masih bisa terlacak dengan baik.

Keren bukan?

6. Canon EOS 70D

Jika memiliki budget yang lumayan, coba deh pertimbangkan Canon EOS 70D. Kamera DSLR terbaik 2019 kali ini dijual di range Rp. 15 jutaan.

Kelebihan yang paling menonjol terletak pada kemampuannya dalam memotret gambar di kondisi low light.

Begitu melihat EOS 70D, kesan pertama yang langsung didapatkan adalah sebuah kamera mahal. Desainnya benar-benar terlihat premium dan elegan.

Sehingga, menenteng kamera DSLR ini kemanapun pergi pasti membuat lebih percaya diri.

Sebagai penunjang kemampuannya saat memotret gambar, Canon telah membekali EOS 70D  dengan sensor CMOS 20.2 MP dan didukung prosesor DIGIC 5+. Spesifikasi tersebut sukses menghadirkan hasil foto yang jernih, tajam dan detail.

Bahkan pada kondisi pencahayaan rendah, hasil gambar tetap beresolusi tinggi. Kemampuan menghasilkan gambar beresolusi tinggi pada kondisi low light, tentu saja tidak lepas dari ISO 100-12.800.

Tersedia pula 19 titik AutoFocus tipe silang yang bisa digunakan untuk memotret secara beruntun 7 frame per detik. Dengan fitur AutoFocus tadi, penguncian kamera menjadi lebih akurat. Bahkan pada kondisi obyek bergerak sekalipun.

Lebih menarik lagi, Canon EOS 70D sudah disematkan sensor Dual Pixel CMOS AutoFocus. Keberadaan sensor ini berfungsi untuk membantu autofokus agar bekerja lebih cepat. Baik ketika digunakan memotret gambar secara horizontal atau vertikal.

Sama seperti kamera DSLR terbaik milik Canon yang lain, seri EOS 70D juga memiliki layar sentuh seluas 3 inch. Perbedaannya, layar tersebut hanya bisa diputar kedepan 1800.

7. Canon EOS 760D

Canon EOS 760D adalah kamera DSLR terbaik yang sangat layak menjadi pilihan fotografer pemula.

Selain karena dibanderol lebih murah, kamera ini juga sudah dilengkapi berbagai macam fitur dan teknologi yang membuatnya lebih mudah untuk digunakan semua orang.

Pertama, mari kita lihat dari penyokong performanya sehingga bisa menghasilkan foto berkualitas terbaik. Canon EOS 760D mengandalkan prosesor DIGIC 6 sebagai pengolah gambar. Prosesor jenis ini mempunyai jangkauan kontras dan total warna yang luas.

Sensor CMOS AF III berkekuatan 24.2 megapiksel adalah senjata utamanya sehingga mampu menghasilkan jepretan gambar yang terlihat jernih, tajam dan memiliki detail bagus. 

Bagi para pemula yang baru mulai belajar memotret, kamera DSLR terbaik ini akan membantu mendapatkan hasil terbaik tanpa perlu susah payah. Sebab, didalamnya sudah tersedia mode scene yang akan memilih fokus obyek dan pengaturan eksposur secara otomatis.

Tidak hanya itu, ada pula fitur dukungan bernama Basic +technology yang berfungsi untuk mengatur ulang tampilan mode dasar agar sesuai dengan kondisi pencahayaan.

Layar sentuh 3 inch siap membantu kita untuk menemukan angle foto yang pas.

Digunakan untuk memotret objek bergerak bukanlah masalah, berkat fitur autofokus yang bagus. Dengan rentang ISO 100-12800, kamera ini bisa menghasilkan gambar yang tetap tajam dan jernih pada kondisi kurang cahaya.

Sektor perekaman video tidak kalah menarik, karena kamera ini bisa membuat video HD berkecepatan  25 atau 30 frame per detik. Hasil videonya bisa langsung Anda edit lewat laptop dan ditampilkan pada layar TV menggunakan HDMI.

8. Canon EOS 5D Mark IV

Ini dia salah satu kamera DSLR terbaik di dunia yang dirilis oleh Canon, yaitu seri EOS 5D Mark IV. Tidak tanggung-tanggung, Anda harus merogoh kocek puluham juta untuk bisa membawanya pulang.

Dengan banderol harga selangit, kira-kira bagaimana ya performa kamera EOS 5D Mark IV?

Menilik harganya yang tidak murah, bisa ditebak apabila kamera DSLR satu ini memang ditujukan untuk para profesional. Kemampuannya dalam menghadirkan foto-foto berkualitas tinggi tidak perlu diragukan, karena sudah pasti terjamin.

Demi menghasilkan jepretan gambar yang sempurna, Canon EOS 5D Mark IV sudah dibekali sensor full-frame CMOS berkekuatan 30.4 Mega Pixels. Dengan teknologi itu, bisa menghasilkan sebuah foto yang terlihat tajam, jernih dan sangat mengesankan.

Untuk memastikan hasil gambar yang akurat dan tidak kabur ketika sedang memotret subyek bergerak cepat, Canon telah menyematkan teknologi Dual Pixel CMOS AF pada kamera DSLR terbaik miliknya ini.

Berkat dukungan prosesor Image DIGIC 6+, semua fitur canggih pada kamera bisa dijalankan dengan lancar dan lebih cepat. Ia mampu memotret secara beruntun sampai 7 frame per detik dan memastikan kualitas foto tetap konsisten.

Hasil pengambilan gambar yang baik itu didapat karena teknologi ISA (Intelligent Scene Analysis).

Untuk perekaman video, EOS 5D Mark IV sudah mendukung resolusi 4K. Hasil video dan foto bisa dipindahkan ke laptop atau smartphone melalui koneksi WiFi.

So, Anda semakin tertarik untuk membeli EOS 5D Mark IV?

Penutup

Demikianlah daftar kamera DSLR terbaik yang bisa menjadi rekomendasi utama sobat. Semoga ulasan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.