Iklan

Iklan

,

Iklan

Menjadi Instruktur Kelas 4 Selama 5 Hari Membersamai 13 Sekolah [POP]

Taufik Junaidie
21 Nov 2021, 22:36 WIB Last Updated 2021-11-21T23:39:35Z
Foto bersama peserta pelatihan dari guru-guru kelas IV

Hari kamis yang lalu tanggal 18 November 2021 menandai berakhirnya kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Yang mana dalam kegiatan tersebut, saya diamanahi menjadi instruktur guru-guru kelas 4 dengan peserta dari 13 sekolah.

Ini adalah pengalaman luar biasa bagi saya, karena bisa membersamai Bapak/Ibu guru-guru Hebat selama 5 hari, mulai tanggal 14-18 November 2021. Pelaksanakan melalui 2 mode, yaitu sinkronus (tatap muka) dan asinkronus (belajar mandiri) melalui LMS (Learning Management System).

Seperti yang pernah saya ulas pada postingan sebelumnya, ini menjadi harapan saya juga, semoga kegiatan ini benar-benar berhasil meningkatkan kualitas guru dan berimplikasi pada peningkatkan AKM di sekolah masing-masing peserta. Dan pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan kita di Indonesia.

Lalu, apa saja kegiatan pelatihan ini? Berikut ulasan saya, menjadi instruktur untuk guru-guru kelas 4 selama 5 hari.

Acara pembukaan 

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan pada hari Sabtu tanggal 13 November 2021. Acara ini dilakukan dengan moda hybrid, yaitu gabungan pertemuan secara tatap muka dan tatap maya.

Dalam pembukaan secara tatap muka dihadiri antara lain: 

  • Kapala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kotabaru
  • Ketua IGI Kotabaru
  • Instruktur Daerah
  • Kepala Sekolah beserta guru kelas IV & V sekolah sasaran daerah Kec. Pulaulaut Utara dan Pulaulaut Sigam

Untuk tatap maya dilaksanakan live menggunakan zoom, dihadiri oleh:

  • Pemateri Nasional dari IGI
  • KepalaSekolah beserta guru kelas IV & V sekolah sasaran daerah Kec. Pulaulaut Utara dan Pulaulaut Sigam

Kegiatan pembukaan secara tatap muka ini dilaksanakan di aula kecil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kotabaru. Meskipun secara tatap muka, kegiatan ini tetap meberapkan protokol kesehatan.

Pertemuan #1

Pertemuan selanjutnya dilaksanakan antara Instruktur Daerah (ID) dengan peserta, yang mana dilaksanakan melalui zoom meeting. Peserta pun dibagi perkelompok, yaitu:

  1. Kelompok kepala sekolah, 
  2. Guru kelas 4, dan
  3. Guru kelas 5

Saya mengadakan pertemuan pertama ini bersama guru-guru kelas 4 pada tanggal 14 November 2021 jam 09.30 WITA. 

Untuk materi pada pertemuan tersebut mengenai:

  • Pengenalan LMS
  • Pembelajaran abad 21
  • HOTS

Pertemuan #2

Dilanjutkan di hari kedua, Senin 15 November 2021. Pelaksanaan pada jam 16.30 WITA, karena di tanggal tersebut adalah pelaksanaan ANBK, yang mana hal ini juga dilaksanakan di sekolah-sekolah peserta. Sehingga, hanya jam tersebut waktu kosong yang bisa kami laksanakan untuk pertemuan secara daring.

Berhubung saya juga sebagai proktor, sehingga tidak bisa membersamai jika dilakukan pertemuan pagi dan siang. Karena di sekolah saya dilaksanakan ANBK 2 sesi, yaitu pagi dan siang hari.

Sedangkan materi di hari kedua ini mengenai Penilaian. Selain itu saya memperjelas lagi cara penggunaan LMS. Karena memang beberapa peserta belum terbiasa dan baru menenal penggunaan LMS.

Pertemuan #3

Dilanjutkan di hari ketiga, Selasa tanggal 16 November 2021 dengan waktu pelaksanaan yang sama dengan hari pertama, yaitu jam 16.30 WITA. Selama satu jam setengah, materi hari ketiga mengulang lagi cara pengerjaan LK di hari pertama dan kedua. Saya juga ulas permasalahan yang dihadapi peserta mengenai LMS.

Untuk materi di hari ketiga ini mengenai Penyusunan RPP. Tidak banyak berbeda dengan cara penyusunan RPP yang pada umumnya, hanya ada sedikit perbedaan pada Tujuan Pembelajaran.

Pertemuan #4

Tak terasa sudah memasuki hari keempat, tanggal 17 November 2021. Pertemuan dimulai jam 16.30  hinggal 18.00 WITA. Di hari keempat ini masih ada beberapa kendala peserta dalam pengerjaan tugas, dan LMS. Selain itu, kami lebih banyak berdiskusi mengenai masalah pendidikan, dan dikaitkan dengan materi hari itu mengenai Penguatan Literasi dan Penguatan Numerasi.

Pertemuan #5

Dan hari terakhir ini, Kamis tanggal 18 November 2021 jam 16.30 WITA. Dimana total saya empat hari berada di sekolah sejak pagi jam 07 pagi hingga sore jam 06 sore. 

Di hari akhir ini, saya menyampaikan mengenai mengenai Penguatan Karakter, dan diselingi diskusi mengenai permasalahan di dunia pendidikan.

Acara Penutupan

Sejatinya kegiatan kami sudah berakhir tanggal 18 November. Namun kami mengadakan acara penutupan di Sabtu, tanggal 20 November 2021 jam 08.00 WITA melalui zoom, untuk menandai kegiatan pelatihan secara daring audah selesai. Selain itu dalam penutupan ini ada penguatan dari ketua IGI kotabaru, mengenai hal-hal penting mengenai POP.

Kegiatan selanjutnya Insya Allah kami akan melaksanakan pendampingan kepada 3 sekolah. Dimana 3 sekolah ini adalah sekolah pilihan diantara 13 sekolah peserta pelatihan.

Penutup

Demikian cerita saya menjadi instruktur kelas 4 selama 5 hari membersamai 13 sekolah dalam kegiatan POP (Program Organisasi Penggerak. Semoga dengan kegiatan ini, menjadi berkah dan wasilah bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Amin ya Robbal alamin...

Iklan