Iklan

Iklan

,

Iklan

3 hal Menarik dari Pengumuman Saya Lulus UP

Taufik Junaidie
22 Nov 2021, 22:25 WIB Last Updated 2021-11-24T03:29:05Z

Alhamdulillah lulus UP. Perasaan saya begitu senang ketika mengetahui hal ini pertama kalinya, saat mencek di laman ukmppg.kemdikbud.go.id

UP ini adalah salah satu penentu kelulusan PPG, menuju gerbang guru bersertifikasi. Yang mana ini adalah impian semua guru, karena akan mendapatkan penghargaan berupa tunjangan profesi. 

Mari lupakan sejenak masalah tunjangan...

...saya merasa lega dari setelah proses panjang yang dilalui selama satu tahun ini. Senang, susah semuanya menjadi kenangan tak terlupakan selama proses PPG hingga menunggu retaker tahun ini.

Nah, dari pengumuman lulus ini, ada beberapa hal yang ingin saya bagikan yang membuat saya emosional.

1. Saya menuggu setahun

Ya, saya menunggu setahun diadakannya retaker UP atau mengikuti ujian ulang UP.

Kenapa mengulang? 

Karena tahun kemarin saya tidak lulus pada bagian ini. Sayangnya tahun kemarin tidak diadakan ujian ulang langsung seperti tahun ini.

Jadi, selama setahun ini rasanya saya seperti boom waktu. Kegelisahan begitu menumpuk menunggu kepastian adanya UP. Belum lagi bayang-bayang kelam tidak lulus tahun kemarin. Hal ini semakin membuat perasaan campur aduk.

Rata-rata teman-teman saya yang gagal di UP tahun lalu, begitu merasa terpukul. Karena perjuangan 3 bulan PPG berusaha semaksimal mungkin, ternyata gagal di penentu akhir.

Meski begitu, ini menjadi pelajaran berharga bagi saya, bahwa setiap usaha tidak boleh setengah-setengah, harus total hingga akhir.

2. Prosesnya penuh susah payah

Ya, saya begitu susah payah rasanya mengusahakan hingga ke titik ini. Mulai dari selalu mencari informasi, mengikuti grub-grub WA yang satu misi, ikut bimbel, mengadakan persiapan yang matang dengan berkoordinasi dengan dinas untuk persiapan UP, dan belajar keras ketika mendekati UP.

Pokoknya setahun ini saya maksimalkan persiapan. Persiapan itu seperti yang saya tuliskan pada postingan sebelumnya. Saya sempat mengajak teman-teman retaker koordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk memfasilitasi tempat UP, saya sempat meminta dinas untuk menyurati PLN agar tidak melakukan pemadaman saat jadwal UP, dan saya juga menyediakan hingga 4 kartu prayabar yang untuk jaga-jaga pengganti hotspot.

Belum lagi saya berusaha dengan belajar keras saat mendekati UP. Bahkan malam hendak UP, saya tidur hanya beberapa jam saja.

3. Rekan saya yang begitu kegirangan

Sebenarnya respon saya saat membuka pengumuman di ukmppg, kalem saja. Yang menghebobkan adalah justru rekan kerja saya.

Waktu itu kami melaksanakan ANBK bersama dengan 3 orang guru dan 1 kepala sekolah di sesi 2 siang hari. Mereka padahal sudah mau pulang. Tapi ketika saya bisikkan teman saya dan melihatkan layar laptop saya, begitu hebohnya teman saya tersebut membaca pengumunannya tersebut.

Responnya tuh seperti club bola kesayangan yang mencetak goal spektakuler lho, hehe.

4. Kabar yang sangat mengejutkan

Pengumuman hari itu hari Rabu, tanggal 17 Nov 2021. Sejujurnya di luar dugaan, karena kabar yang beredar sebelumnya pengumuman kemungkinan tanggal 18 Nov. Jadi saya hari itu santai saja.

Waktu itu kami lagi makan siang setelah mengawas ANBK. HP saya baru saya cek setelah selesai makan. Begitu terkejutnya saya ketika melihat chat grub PPG banyak sekali. Ini membuat saya curiga, jangan-jangan masalah pengumuman.

Dan benar saja, memang benar grub penuh karena sibuk membahas penguman kelulusan yang sudah keluar. Jadi langsung saja, saya juga membuka web ukmppg. 

Seandainya sobat melihat cara saya membuka pengumuman, tentu kalian akan tertawa melihatnya. Karena saya membukanya dengan sangat perlahaan menggeser ke bawah layar, hinggu muncul tulisan LULUS.

Saya begitu gugup ketika menggeser perlahan layar untuk mencari tahu hasilnya. Jantung rasanya mau copot, hehe.

Penutup

Demikian cerita saya lulus UP. ini adalah kebanggaan yang sangat besar, karena usaha dan perjuangan yang dilakukan sungguh sangat maksimal dan penuh air mata. Semoga hasil saya raih ini membawa berkah dan rezeki yang melimpah. Amin ya Robbbal alamin.

Trimakasih banyak juga buat sobat yang sudah mendoakan saya, hingga saya berhasil ke titik ini. Saya doakan balik, semoga sukses selalu buat sobat semua.

Iklan