System

Kegiatan Pendampingan Sekolah Sasaran Program Organisasi Penggerak IGI

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 1 min read

Pendampingan sekolah sasaran adalah rangkaian kedua dari program organisasi penggerak (POP), setelah sebelumnya IGI (Ikatan Guru Indonesia) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang dilaksanakan pada tanggal 13-18 November 2021 yang lalu secara daring. Bedanya kali ini, kegiatan dilaksanakan langsung mendampingi ke tempat sekolah sasaran dan guru model yang ditunjuk.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2021 ini, diharapkan bisa melihat dan mengukur hasil pelatihan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Sehingga menjadi bahan refleksi bagi guru peserta POP untuk peningkatan kompetensi.

Bertempat di SD Negeri 1 Stagen Kecamatan Pulaulaut Utara, kegiatan dilaksanakan dengan praktek pembelajaran secara langsung oleh guru model dari kelas 5. Pembelajaran menerapkan hasil pelatihan dan juga arahan dari Instruktur Daerah. Selama pembelajaran berlangsung 2 x 35 menit, direkam berupa vidio.

Menariknya hasil rekaman tadi, selanjutnya dijadikan bahan evaluasi dan diskusi bersama tim monev dari pusat bersama instruktur daerah (ID), kepala sekolah dan guru sasaran.

Dengan cara ini, diharapkan benar-benar aplikatif. Bisa menjadikan bahan refleksi bagi guru model maupun peserta yang berhadir pada saat itu, dan nantinya bisa menyebarluaskan semangat perubahan bagi guru-guru lainnya.

Secara lengkap kegiatan pada hari itu dihadiri oleh:

  1. Tim monev pusat
  2. Panitia POP Daerah dari IGI
  3. Instruktur Daerah
  4. Kepala Sekolah SD Negeri 1 Stagen
  5. Guru Model kelas 5
  6. Guru Sasaran Kelas 

Penutup

Demikian informasi kegiatan Pendampingan Sekolah Sasaran Program Organisasi Penggerak IGI yang bisa saya sampaikan. Dengan kegiatan ini, semoga menjadi salah satu kegiatan yang secara nyata membantu meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar