Iklan

Iklan

,

Iklan

3 Kegiatan pada Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Program Organisasi Penggerak IGI

Taufik Junaidie
21 Nov 2021, 22:36 WIB Last Updated 2021-11-22T05:38:42Z

Program Organisasi Penggerak (POP) adalah program keempat dari seri Merdeka Belajar yang diluncurkan tanggal 10 Maret 2020. Salah satu implementasinya adalah melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan di sekolah 3T (Tertinggal, Terluar, dan Terjauh), sebagaimana yang sudah dilaksanakan oleh IGI Kab. Kotabaru pada tanggal 13-18 November 2021.

Kegiatan ini penting, karena sejatinya POP ini adalah untuk meningkatkan kualitas guru. Sehingga diharapkan akan meningkatkan AKM di sekolah sasaran. Karena seperti yang disampaikan oleh Mas Men dalam sebuah video yang diunggahpada laman resmi Kemendikbud, menyatakan kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan.

Melalui kegiatan POP ini, diharapkan bisa membantu mengangkat kualitas pendidikan, meskipun secara bertahap, namun harus ada pergerakan peningkatan dengan berbagai macam cara.

Dalam kegiatan pelatihan ini, ada beberapa materi dan penguatan yang didapat peserta, antara lain:

  • Pembelajaran abad 21
  • HOTS
  • Penilaian
  • Penyusunan RPP
  • Penguatan literasi
  • Penguatan Numerasi
  • Pengembangan Karakter
  • Pembelajaran mandiri melalui LMS

Berikut data sekolah sasaran dan sekolah kontrol.

Apa perbedaan sekolah sasaran dan sekolah kontrol?

Sekolah sasaran adan sekolah yang mendapat interpensi, sedangkan sekolah kontrol adalah sekolah yang tidak mendapat interpensi sama sekali.

Maksudnya apa?

Sekolah sasaran ini nantinya akan dibandingkan hasil AKM-nya dengan sekolah kontrol, mulai dari tahun 2021, kemudian 2022 dan terakhir 2023. Kemudian akan dievaluasi nantinya oleh pusat, bagaimana impact yang didapat dari pelatihan ini.

Adapun kegiatan pelatihan ini ada 3 tahapan yang sudah dilaksanakan, antara lain dimulai dari:

1. Acara pembukaan

Dilaksanakan hari Sabtu, tanggal 13 November 2021 di aula kecil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kotabaru, dengan memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem hybrid, yaitu gabungan pertemuan secara tatap muka dan tatap maya.

Dalam acara pembukaan secara tatap muka ini dihadiri oleh: 

  • Kapala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kotabaru, Bp. Selamat Riyadi, S.Pd.,M.Ed.
  • Ketua IGI Kotabaru, Bp. Dian Mahardika, S.Pd.
  • Instruktur Daerah
  • Kepala Sekolah beserta guru kelas IV & V sekolah sasaran daerah Kec. Pulaulaut Utara dan Pulaulaut Sigam
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kotabaru membuka pelatihan bersama Tim POP, Kepala Sekolah, guru-guru kelas IV, dan guru-guru kelas V sekolah-sekolah sasaran di Kec. Pulaulaut Utara dan Pulaulaut Sigam

Untuk tatap maya dilaksanakan live menggunakan zoom, dihadiri oleh:

  • Pemateri nasional dari IGI
  • Kepala sekolah beserta guru kelas IV & V sekolah sasaran yang berlokasi di luar Kec. Pulaulaut Utara dan Pulaulaut Sigam
Nonton live bersama Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kab. Kotabaru Program Organisasi Penggerak

2. Pelatihan

Untuk pelatihan dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:

  1. Kelompok kepala sekolah
  2. Kelompok guru kelas IV
  3. Kelompok guru kelas V

Semuanya dilaksanakan dimulai hari Minggu, tangal 14 November 2021 dan diakhiri tanggal 18 November 2021. Hanya saja waktu pelaksanaan disesuaikan kelompok masing-masing.

Dalam pelatihan tersebut dilaksanakan dengan 2 mode, yaitu sinkronus dan asinkronus. Sinkronus artinya pelatihan secara tatap muka antara Instruktur Daerah (ID) dengan guru-guru peserta. Sedangkan asinkronus adalah pembelajaran mandiri melalui LMS (Learning Management System) yang dilakukan oleh guru-guru peserta pelatihan.

Melalui LMS ini masing-masing peserta mendapatkan akun. Kemudian di LMS ini mereka bisa mengabsen harian, mendapatkan modul setiap materi, mengupload LK, dan merefleksi diri setiap modulnya. 

Tampilan LMS (Learning Management System) POP IGI

3. Acara penutupan

Rangkaian kegiatan pelatihan ditutup dengan acara ceremonial sederhana, bersama Ketua IGI Kab. Kotabaru, beserta Tim POP Kab. Kotabaru. Dalam kesempatan ini, banyak masukan bermanfaat dari Ketua IGI.

Diharapkan kegiatan ini nantinya berimpact baik bagi peningkatan kualitas pengajar sekolah sasaran khususnya, dan kualitas pengajar di Kab. Kotabaru umumnya.

Apa kegiatan selanjutnya?

Kegiatan selanjutnya setelah ini adalah pendampingan kepada 3 sekolah. 3 sekolah ini adalah sekolah terpilih dari 13 sekolah sasaran. Sekolah sasaran ini nantinya akan menjadi data pembanding selama 3 tahun dengan 2 sekolah kontrol.

Hanya saja, sementara belum bisa tentukan tanggal pelaksanaannya karena terkait dengan beberapa hal.

Penutup

Demikian informasi kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru Program Organisasi Penggerak (POP) yang dilaksanakan IGI Kab. Kotabaru. Dengan kegiatan ini, diharapkan mejadi salah satu langkah nyata yang bisa membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kab. Kotabaru.

Iklan