System

Masih Banyak yang Belum Memanfaatkan, Ketahui 5 Kelebihan Akun Belajar.Id Berikut ini!

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 4 min read

Mengutip dari Allison Academy"Teknologi sangat meningkatkan dan memfasilitasi transfer pengetahuan, yang memungkinkan guru merancang sistem manajemen pembelajaran yang berkualitas". Pemerintah melalui Kemdikbudristek sepakat akan hal itu dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan dengan penggunaa teknlogi dalam pembelajaran, dengan menyediakan akun belajar.id bagi guru dan siswa.

Sayangnya masih banyak guru-guru dan siswa yang belum memanfaatkan akun pembelajaran. Bisa kita lihat data jumlah aktivasi akun belajar.id untuk semua jenjang se-Indonesia masih berkisar 17,63% (data update tanggal 13 Desember 2021).

Kita juga perlu memaklumi, memang masih banyak kendala di lapangan yang dihadapi oleh pendidik, tenaga kependidikan dan siswa. Diantaranya karena masalah geografis, fasilitas yang dimiliki dan belum sampainya sosialisasi. 

Nah, bagi yang belum mengetahui sama sekali apa sih kelebihan akun belajar.id ini, simak 5 penjelasan berikut ini.

1. Premium tapi gratis

Apa yang terbayang jika mendengar kata "GRATIS"...???

Biasanya jiwa gercep kita langsung meronta bukan? 😁 Bahkan rela rebutan, sesak-sesakan, panas-panasan. Padahal barang itu tidak selalu bermanfaat buat kita. Tapi ya karena gratis, rasanya kita mesti dapat.

Nah di Gooogle Workspace juga ada yang gratis lho, padahal sebenarnya jika kita ingin mendapatnya mesti berbayar. Berikut harga per bulannya jika ingin berlangganan di Google Workspace.

Nah kita tidak perlu membayar per bulan, kita sudah mendapatkan secara gratis beserta fasilitas premium di dalamnya. Hal ini karena kita dibantu oleh pemerintah berupa akun belajar.id. Kita tinggal aktivasi, maka kita bisa mengakses Google Workspace for Education.

Apa sih Google Workspace?

Google Workspace yang sebelumnya dikenal sebagai G Suite, adalah kumpulan komputasi awan, alat produktivitas dan kolaborasi, perangkat lunak dan produk yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Google. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 sebagai Google Apps for Your Domain dan diganti namanya menjadi G Suite pada tahun 2016. Google Workspace terdiri dari Gmail, Kontak, Kalender, Meet, Chat, Drive, Google Docs, Sheet, Slide, dan banyak lagi.

2. Aplikasi sudah familiar

Hebatnya melalui akun belajar.id ini, aplikasi yang kita akses di Google Workspace sudah familiar bagi kita. Contohnya yang sering kita jumpai adalah Drive. Kalau tidak percaya, cek aja di handphone android masing-masing, sudah pasti ada tersedia di sana.

Bagi yang belum mengetahui, aplikasi ini berfungsi sebagai wadah penyimpanan secara online. Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi bawa flashdisc, hardisc, CD ke mana-mana. Karena kita akan bisa mudah mengakses file kita dimanapun dan kapanpun meski menggunakan lapotp/ HP milik orang lain.

3. Mudah digunakan

Yang paling penting dari sebuah aplikasi adalah harus mudah digunakan. Inilah yang diusung oleh Google menciptakan Google Workscpace. Kalau tidak percaya, coba deh aplikasi tetangga yang mirip Google Worikspace ini, dia lebih ribet, dan kecepatan pun lebih lambat.

Menggunakan akun belajar.id, kita tidak perlu repot-repot, registrasi di Gooogle Workspace, bayar per bulan. Kita tinggal gunakan saja, tapi aktivasi dulu ya. Selain itu, aplikasi yang diusung Goole Workspace semuanya mudah digunakan. Orang yang pertama kali menggunakan, tidak akan kesusahan. Jika pun ada beberapa langkah, tidak menjadi kesulitan berarti.

4. Ruang penyimpanan berlimpah

Ini nih yang penting, jika kita memanfaatkan akun belajar.id kita sudah diberi ruang storage yang unlimited. Kita sepuasnya mau upload file di sana. Mau vidio, berkas, dan lain-lain.

Selain itu, kita tidak perlu khawatir menyimpan file melalui akun belajar.id, karena keamanan sudah pasti terjaga. Tingkat keamanan lebih kuat, baik dari virus maupun kemanan privacy.

5. Bisa offline

Banyak yang protes, Pak Taufik, "Saya tidak bisa menggunakan akun belajar, karena tidak ada internet". Tenang, Google sudah mengantisipasinya. Itulah canggihnya Google. 

Jadi, jika kita menyimpan file di Drive, kita bisa mengakses file berupa docs, sheet, slide meski dalam keadaan tanpa jaringan. 

Hebatnya, nanti dia akan tersinkron otomatis, jika kita sewaktu-waktu mengkonekkan ke internet.

Penutup

Demikian 5 manfaat akun belajar.id yang masih banyak tidak diketahui. Ayo kita manfaatkan. Semoga kita semua lebih memaksimalkan aktivasi dan memanfaatkan akun belajar.id

Jika butuh bantuan mengenai sharing Google Workspace for Education atau mengenai akun belajar.id, silahkan hubungi melalui kontak (gratis). Cek juga dokumentasi kegiatan saya di sini.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar