System

Cara Menautkan Akun Belajar.Id ke SIMPKB

"Suka lupa username dan password SIMPKB? Tautkan saja ke akun belajar.id"

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 4 min read 2 komentar

Sebagaimana kita tahu, SIMPB adalah salah satu pusat data penting GTK, dan pintu gerbang untuk bisa mengakses beberapa portal penting seperti PPG, Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, dan lain-lain. 

Sayangnya, kita sering lupa dan susah mengingat username dan passwordnya. Karena memang kita tidak selalu mengakses web tersebut, kecuali ada saat-saat penting.

Agar mengurangi beban mengingat banyaknya username dan password penting, lebih baik kita tautkan saja SIMPKB kita ke akun belajar.id

Kenapa dengan akun belajar.id? 

Karena dengan akun belajar.id kita tentu akan menggunakan layan email bukan?Dibanding akun SIMPKB, kita biasanya lebih sering mengakses akun email per harinya. 

Statistik 2021 mengutip dari Findstack, bahwa:

Empat dari lima pengguna internet menggunakan layanan webmail setiap bulan. 

Lebih lanjut lagi dijelaskan, sekitar empat dari lima pengguna internet menggunakan layanan webmail seperti Gmail setiap bulan. Penggunaan tetap konsisten di semua kelompok demografis. Lebih dari tiga perempat dari semua pengguna internet, termasuk semua jenis kelamin dan usia, mengatakan mereka telah menggunakan layanan webmail dalam 30 hari terakhir.

Nah dengan alasan tersebut, bahwa kita lebih banyak menggunakan akun email sehingga kemungkinan besar juga hapal username dan passwordnya email kita. Jadi lebih baik kita tautkan SIMPKB ke belajar.id, agar tidak perlu membuka buku catatan user dan password SIMPKB lagi, hehe. 

Bagaimana cara menautkannya? Berikut selengkapnya.

Cara menautkan akun belajar.id ke SIMPKB

    1. Aktivasi akun belajar.id
    2. Login ke akun.simpkb.id menggunakan user akun SIMPKB
    3. Pilih Selengkapnya
    4. Pilih Tautkan
    5. Pilih akun belajar.id kita
    6. Log out dari SIMPKB
    7. Login menggunakan akun belajar.id

    Pertama-tama akun belajar.id kita sudah diaktivasi terlebih dahulu. Jika belum tau cara aktivasi, bisa pelajari di sini terlebih dahulu 👉 Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran [belajar.id]

    Langkah selanjutnya kita masuk ke https://akun.simpkb.id/ menggunakan akun SIMPKB.

    Jika sudah berhasil masuk, lalu pilih Selengkapnya.

    Selanjutnya, pilih Tautkan.

    Nanti akan muncul pertanyaan "Anda ingin mentautkan Layanan ini?", pilih saja Tautkan.

    Setelah itu akan muncul pilihan email, pilih saja email akun belajar.id kita.

    Jika sudah berhasil, maka status pada bagian bawahnya akan berubah menjadi Tertaut, di samping kirinya kita akan lihat akun belajar.id kita.

    Sekarang kita coba login menggunakan akun belajar.id kita, caranya log out terlebih dahulu, dengan mengklik panah kecil di pojok kanan atas, lalu pilih Keluar.

    Setelah itu pilih Akun belajar.id

    Nanti tinggal pilih email akun belajar.id kita.


    Kita akan diarahkan laman utama, yang tersedia beberapa pilihan portal yang memang berkaitan dengan SIMPKB. Jika ingin masuk SIMPKB silahkan pilih menu SIMPKB yang terletak di kiri atas.

    Selesai.

    Penutup

    Demikian cara menautkan akun belajar.id ke SIMPKB. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah nantinya masuk ke SIMPKB tanpa membuka-buka lagi buku catatan username dan passwordnya, karena lebih mudah muncul notif pilihan email akun belajar.id dan tinggal klik.

    Taufik Junaidie
    Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
    2 komentar
    1. Makasih bang... Sangat sangat membantu sekali

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama Bang Miad

        Trimakasih berkunjung ke blog ini 🙏

        Hapus