System

Sosialisasi Aktivasi dan Pemanfaatan Akun Belajar.Id di TK Pembina Berangas - IGTKI Kec. Pulaulaut Timur

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 2 min read

IGTKI di Kabupatem Kotabaru adalah salah satu organisasi luar biasa menurut saya. Terhitung 3 bulan ini saya diundang 2 kali menjadi pemateri mengenai aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id. Dimana sebelumnya saya juga diundang diacara se-Kecamatan Pulaulaut Utara & Sigam, dan terakhir pertemuan skala se-Kabupaten di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. kotabaru.

Kemarin hari Sabtu tanggal 05 maret 2022, saya kembali diundang oleh IGTKI Kec. Pulaulaut Timur, utuk memberikan pelatihan kepada guru-guru TK di kecamatan tersebut. Meski pengurus di sana sudah mengikuti pada pelatihan sebelumnya di Aula Dinas Pendidikan, namun Alhamdulillah mereka masih memberi kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan kembali. Ini adalah pengalaman luar biasa bagi saya, bisa berbagi dengan ibu-ibu dari TK di Pulaulaut Timur.

Kegiatan hari itu Alhamdulillah berjalan lancar. Meskipun saat awal-awal ada sedikit pergeseran tempat. Awalnya panitia menyiapkan tempat di aula terbuka TK Pembina, namun ketika uji coba LCD, cahaya luar terlalu terang. Sehingga kami memutuskan pindah ke dalam ruang kelas.

Benar saja, di ruang kelas tampilan LCD lebih jelas. Untuk peserta untungnya muat di ruangan tersebut. 

Dalam pelatihan tersebut, fakta yang saya dapatkan, ternyata dari keseluruhan peserta yang hadir, sekitar 65% belum memiliki akun belajar.id. Meski begitu, mereka tetap saya ajarkan mulai dari cara download akun, aktivasi, pengajuan mendapatkan akun, menautkan ke simpkb, hingga contoh pemanfaatannya.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh:

  • Marlina, S.Pd., ketua IGTKI Kec. Pulaulaut Timur, beserta pengurus
  • Lestyowati, Kepala TK Pembina Kec. Pulaulaut Timur
  • Kepala sekolah dan guru TK se Kec. Pulaulaut Timur

Untuk jaringan internet di sana lumayan bagus, meskipun di daerah pelosok. Namun hanya satu yang tersedia paling kuat, yaitu Telkomsel.

Saya diundang pukul 09.00 WITA, tetapi saya berangkat lebih awal, dan tiba di sana jam 08.30. Saya tidak langsung mampir, saya coba menikmati suasana pagi di sana, dengan mencari warung kopi. 

Nikmat rasanya di pagi hari menikmati kopi di daerah yang tidak biasa saya kunjungi. Orang-orangnya pun ramah.

Akhir kata

Demikian cerita saya sosialisasi aktivasi dan pemanfaatan akun belajar.id di Kec. Pulaulaut Timur. Semoga dengan kegiatan ini menjadi amal jariah bagi saya, dan bisa membantu meningkatkan kompetensi guru-guru di sana di bidang TIK.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar