System

Merdeka Belajar.id

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 3 min read

Baru-baru ini saya coba-coba desain sendiri baju kaos. Awalnya sih iseng-iseng saja.

Saya terdorong semenjak dapat satu buah hadiah baju kaos dari REFO. Baju yang sangat keren. Rasanya bangga banget dapat ini, karena buah perjuangan berhasil menjadi Google Sertified Educator.

Selain itu, kebetulan waktu itu memang beberapa kali menjadi pembicara berkaitan aktivasi dan pemanfaatan belajar.id. Lalu kata saya, kenapa tidak saya desain sendiri saja ya? Buat mengkampanyekan belajar.id. Barangkali nanti bisa saya pakai buat jika diundang menjadi pembicara lagi.

Pikir saya, keren aja gitu, kalau ada kaos yang unik-unik bertuliskan slogan atau apa. Seperti yang sering dilakukan guru sekaligus inspirator saya Pak Bukik Setiawan. Beliau sering menjadi pembicara hanya pakai kaos mengkampanyekan Merdeka Belajar.

Nah dalam proses mencari ide, entah kenapa saya terpikir kalimat merdeka belajar. Kalimat itu tuh ngena banget dengan Google Workspace for Education, yang mana menyediakan layanan yang dapat membuat kita bisa belajar mengajar di mana saja, kapan saja, dan di mana saja.

Oh ya sebagai informasi, merdeka belajar ini adalah slogan yg pertama kali saya tau saat bergabung dengan Komunitas Guru Belajar mulai sekitar 2017. Dan belakangan sepertinya kata-kata itu sudah di daftarkan hak intelektualnya. Saya mengetahui dari postingan salah seorang teman saya.

Dari situ, saya mendapat ide, kenapa tidak merdeka belajar.id saja? Selain ingin ikut menggaungkan merdeka belajar, juga sekaligus menggaungkan belajar.id nya.

Kata saya sepertinya keren nih. Sepertinya baru saya yang dapat ide ini.

Lalu saya desainlah kaos saya, kurang lebih hasilnya seperti ini nih.

Saya coba sablon di percetakan, hasil akhirnya keren ternyata. Dan saya pakai saat diundang menjadi narsum pelatihan. Ini dia fotonya.

Saya juga coba posting ke FB dan grub FB belajar.id, ternyata responnya cukup baik, hehe. 

Jadi mungkin nanti saya mau desain lagi, niatnya dengan baju kaos ini menjadi wadah kampanye untuk mengaktivasi dan memanfaatkan akun belajar.id.

Akhir kata

Demikian cerita saya mengenai desain baju dan inspirasi mendapatkan slogan Merdeka Belajar.Id. Semoga dengan langkah sederhana ini, bisa semakin menggaungkan dan mengajak sebanyak-banyaknya guru-guru dan siswa di Indonesia untuk memanfaatkan akun belajar.id.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar