4 Alasan Kenapa sih Akun Belajar.Id Harusnya Segera Diaktivasi?

Hingga postingan ini ditulis, Kemdikbudristek melalui Pusdatin sudah menggenerate akun belajar.id sebanyak 35.212.392 akun. Meski begitu, tingkat aktivasi secara keseluruhan baru menyentuh 18,62 %. Dengan tingkat aktivasi 3 besar tertinggi yaitu SMP, lalu disusul SMA dan SD.

Padahal belajar.id adalah akun premium yang kita dapatkan gratis, dengan segudang manfaat. Seandainya jika kita migrasi dari akun gmail biasa ke akun premium, tentu harus berbayar setiap bulan.

Belum lagi kita berbicara manfaatnya dalam pembelajaran, baik online, hibrid, blended atau tatap muka sekalian, semuanya bisa digunakan. Terlebih saat ini, kita butuhnya teknologi yang membantu meringankan pekerjaan, cepat, mudah, efektifitas dan yang terpenting aman.

Nah, bagi yang belum mengaktivasi sama sekali, berikut 4 alasan yang perlu diketahui. Yuk, kita aktivasi akun belajar id

1. Agar tidak dinonaktifkan

Kalau merujuk Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020, semestinya batas akhir aktivasi 30 Juni 2021. Lha sekarang sudah 2022. Kita masih diberi kelonggaran. 

Meski begitu, informasi terakhir yang didapat, lebih dari 3 bulan tidak diaktivasi, maka akan dinonaktifkan otomatis. Jadi jangan sampai deh dinonaktifkan ya.

Untuk melihat sudah aktivasi tidaknya akun belajar kita, bisa cek di www.belajar.id. Masukkan data nama hingga NPSN, lalu pilih Periksa Akun Pembelajaran.

2. Kedepan akan menjadi jalur informasi Kemdikbudristek

Dalam paparan Sesjen tentang Peluncuran Akun Pembelajaran, diinformasikan bahwa Akun Pembelajaran akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke pendidik dan peserta didik. 

Selain itu materi dan informasi dari Kemendikbud, misalnya terkait bantuan pemerintah dan Asesmen Nasional, akan dikirimkan ke alamat pos elektronik Akun Pembelajaran.

Nah tunggu apa lagi. Ayo segera Aktivasi akun belajar kita. 

3. Terhubung aplikasi-aplikasi resmi Kemdikbudristek

Masih dalam paparan Sesjen tentang peluncuran akun pembelajaran, bahwa akun belajar akan terhubung dengan aplikasi Kemdikbudristek. Tentu nantinya akan memudahkan kita, karena cukup satu akun belajar, bisa digunakan berbagai aplikasi.

Seperti kita tahu ada berbagai aplikasi resmi Kemdikbud, salah satunya adalah SIMPKB. Kalau kita perhatikan sekarang, di SIMPKB sudah bisa login menggunakan akun belajar.id.

Kita tinggal menautkan akun belajar.id kita dengan akun SIMPKB. Maka kita dengan mudah login dengan akun belajar. 

4. Manfaat yang besar

Belajar.id sejatinya adalah tiket agar bisa masuk Google Workspace premium. Banyak kelebihan yang kita dapat dengan akses premium tersebut.

Salah satu manfaat terbesar yang rasakan adalah, mudahnya kita menyimpan file-file di drive. Selain kita mudah mengakses baik di PC atau handphone, kapasitas penyimpanan menggunakan belajar.id sangat melimpah, yakni unlimited

Masih banyak lagi Kelebihan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Akun Belajar.Id. Tinggal kita memilih, mau memanfaatkan atau hanya sekedar mengetahuinya.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pemanfaatan akun belajar.id, bisa hubungi melalui kontak. 

Jadi tunggu apa lagi, yuk aktivasi dan manfaatkan.

Penutup

Demikian 4 alasan kenapa sih akun belajar.id harusnya segera diaktivasi. Semoga setelah membaca postingan ini, semuanya tergerak untuk mengaktivasi.

2 komentar
Batal
Comment Author Avatar
31 Januari 2022 pukul 13.49
Maaf pak, boleh saya bertanya, jika akun kepsek tidak bisa login bgmn caranya mereset paswordnya, karena tampilannya di situ tidak aktif reset password. mohon bantuannya pak
Comment Author Avatar
31 Januari 2022 pukul 15.29
untuk akun kepsek mereset passwordnya melalui ULT...

caranya kirim email aduan ke pengaduan@kemdikbud.go.id, agar minta dibantu diresetkan password.

kalimat aduannya kurang lebih seperti ini https://drive.google.com/file/d/1CUcoeEOTGSk4BYePt2xU3WHAA6Zs2ohB/view