System

9 Tips Semangat Belajar

"Lagi tidak semangat belajar? Ketahui masalah dan solusinya melalui tips berikut ini. "

Taufik Junaidie Taufik Junaidie 8 min read

Ingin belajar tapi rasanya tidak semangat, bawaannya ingin uring-uringan. Coba-coba baca satu baris kalimat saja, rasanya udah mau berhenti. Kalau begini bagaimana bisa beprestasi?

Kamu tidak sendiri, semua orang merasakan hal sama jika belajar. Termasuk saya sendiri mulai dari zaman sekolah hingga sekarang, karena memang belajar itu perlu semangat. Ibarat kata semangat ini bagai bensin, jika bensin habis maka motor pun akan mogok.

Jika kamu mengalami kesulitan hal tersebut, jangan khawatir. Saya sajikan 9 tips pengalaman pribadi yang bisa kamu ikuti agar semangat belajar. Semoga membantu.

Penyebab tidak semangat belajar

Banyak hal yang meyebabkan kita tidak semangat ketika belajar, mulai dari faktor internal maupun eksternal. Contohnya faktor internal, muncul perasaan dari dalam diri bahwa belajar tidak ada manfaatnya.

Kita memang senangnya melakukan sesuatu jika ada reward. Jadi jika tidak ada reward, biasanya malas melakukan sesuatu, biasanya ngomongnya gini, ''Buat apa capek-capek gak ada dapat apa-apa juga"

Tapi berbeda jika yang kita lakukan ada dampaknya, rasanya semangat selalu berkobar di dada. Coba lihat:

  • Orang yang bermain game rela berjam-jam begadang hanya untuk ngejar poin/ rangking
  • Youtuber yang rela panas-panasan demi konten yang viral
  • Pergi memancing ke daerah-daerah pelosok demi dapat ikan. 

Semua itu muncul semangat 45 jika merasa ada manfaatnya bukan?

Selain faktor internal tadi adalagi faktor eksternal, contohnya teralihkan fokus ke hal-hal lebih menarik seperti berjam-jam scroll Tik-Tok, IG dan lain lain. Kalau sudah begini biasanya makin bikin mager, akhirnya malas ngapa-ngapain boro-boro belajar.

Cara mengatasi

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah tidak semangat belajar. Diantaranya dengan mengurangi penggunaan media sosial yang berlebihan, atau bisa juga mempelajari pelajaran yang lebih menantang. 

Tanamkan juga di dalam hati manfaat besar yang akan kita dapat, misalnya:

  • Dengan rajin belajar akan mudah masuk ke perguruan tinggi nantinya jika lulus ujian
  • Akan terlihat keren jika bisa menjawab pertanyaan guru
  • Akan mudah berargumen saat forum debat

Intinya diri kita perlu reward, dan dampak yang akan kita rasakan.

Selain itu, muculkan semangat dari tindakan. Bukankah semangat itu sendiri adalah perasaan? Sedangkan perasaan dipengaruhi tindakan kita sendiri. Buktinya ketika kita mencubit tangan sendiri akan muncul perasaan kesakitan, kalau kita melihat film lucu perasaan kita jadi senang. Begitu juga dengan semangat bukan?

Oleh karena itu, kamu coba beberapa tindakan berikut ini. Ada yang mungkin berdampak atau tidak sama sekali. Tetapi setidaknya ada usaha yang sudah kita lakukan.

1. Belajar singkat

Tahukah kamu, alasan kenapa diri kita malas belajar. Karena alam bawah sadar kita ketika dengar kata belajar sama dengan meghabiskan banyak waktu. Segera ubah mindset tersebut. Karena belajar itu tidak mesti harus berlama-lama, terkadang hanya perlu cara efisien. Misalnya cukup buka buku catatan penting sambil mengingat istilah penting, urutan proses dan lain-lain.

Saya suka meggunaan tenik pomodoro. Apa itu pomodoro? Yaitu teknik membagi waktu beberapa menit kemudian harus istirahat. Biasanya maksimal durasi 25 menit belajar jeda 15 menit istirahat. Jika sudah 2 putaran maka istirahat diperpanjang.

Selama istirahat, kita bebas melakukan apa saja, bisa makan cemilan, tiduran, buka Hp dan lain-lain. Dengan begini kita tidak akan stres.

Oh ya, sesibuk dan sebayak apa pun kerjaan, saya makai trik ini. Benar-benar sangat membantu sekali.

Untuk membantu manajemen waktu dan aplikasi apa yang digunakan, bisa menggunaan cara yang sudah saya ulas pada postingan pomodoro.

2. Pecah materi

Kita juga perlu memecah materi agar tidak terlalu jadi beban setiap kali mempelajari sesuatu. Memecah materi dengan cara hindari belajar dengan waktu yang sangat mepet dengan tujuan, misal belajar untuk meghadapi ujian besok harinya. Ini akan menjadi beban besar. Ya pasti kita gak semangat. 

Analoginya kayak disuruh piket membersihkan semua ruangan sekolah dalam waktu 10 menit. Ambyar lah kita kalau begitu. Beda cerita kalau membersihkannya 1 hari 1 kelas, kita tentu merasa lebih enteng.

Nah begitu juga belajar, jadi lebih baik jauh-jauh hari kita bagi beberapa materi yang akan dipelajari secara perlahan. Dengan begitu akan membuat kita belajar singkat-singkat saja, dan membantu menumbuhkan perasaan semangat belajar.

3. Mulai sesuatu yang mudah

Kesalahan kedua cara berpikir kita ketika belajar adalah selalu ingin ke step paling sulit. Mikirnya biasa gini, gak mau buang waktu, ingin cepat-cepat jadi ahli.

Itu adalah cara berpkir yang sangat salah.

Saya dahulu juga seperti itu. Contohnya ketika pertama kali saya belajar gitar, saya malas ngelancarin kunci-kunci dasar, tapi langsung ngikutin tenik latihan skill jari. Akhirnya jadi beban saya sendiri. Ujung- ujungnya tidak bisa-bisa bagus bermain gitar, bahkan saya sampai pernah tidak mau mempelajarinya lagi. 

Nah jadi biasakanlah memulai sesuatu yang mudah. Begitu juga saat kita mengajarkan ke orang lain.

Contoh saat saya ngajar anak-anak di kelas tinggi, saya tetap memulai dari soal paling mudah dan sederhana. Karena cara bekerja otak ini adalah akan meyukai sesuatu jika akan merasakan keberhasilan.

Analoginya jika kita bermain game. Tentu dimulai dari yang tingkat kesulitan paling mudah, lalu disajikan ke tingkat yang lebih menantang. Itu memang strategi pengembang game. Makanya coba perhatikan, anak-anak kita selalu ketagihan bermain game bukan?

4. Buat mind map

Ini adalah tip yang sangat saya rekomendasikan. Kesalahan kita belajar sejak dulu adalah belum memahaimi konsep mind mapping. Dan dulu memang belum ada medianya membantu kita membuat mind map. Padahal ternyata mind map sangat memudahkan kita mempelajari materi yang begitu bayak dengan keterbatasan waktu.

Meskipun kita memiliki banyak waktu untuk belajar sekalipun, biasanya tetap saja malas belajar. Karena memang otak kita menghindari aktivitas belajar. Bukan tanpa alasan, karena belajar melakukan proses berpikir dan sangat meguras energi. Wajar otak sukanya diajak mager, rebahan, sambil scroll Tik-Tok.

Mind map solusinya.

Jika kamu belum tahu cara membuat mind map dan aplikasi apa yang dipakai, kamu bisa buka tulisan saya mengenai mind map.

5. Ingat alasan

Mengingat alasan kenapa harus belajar adalah salah satu pendorong kuat agar belajar. Contohnya kita akan menghadapi ujian. Kalau lulus ujian saya ingin masuk fakultas terbaik misalkan.

Contoh lain, ketika saya akan menghadapi ujian Google Certified Educator, saya jadi betul-betul belajar lagi. Padahal sesungguhnya malas. Hehe.

Adalagi yang sangat ampuh, berpikirlah kamu akan menjadi pembicara materi yang kamu pelajari. Dan usahakan nanti kamu akan berbicara mengenai materi tersebut saat ada kesempatan, baik saat dikelas, saat di forum, menuliskan lagi di blog, dan lain-lain. Dengan cara ini, kamu pasti akan menyiapkan diri dan terdorong untuk belajar. Karena tidak mungkin seorang pembicara tidak meguasa materinya.

Sebagai contoh lagi, pernah diminta menjadi narasumber. Tanpa perlu memaksa diri sediri belajar, bawah sadar saya sendiri tergerak kuat ingin melakukannya. Karena gengsi dong jika nanti di depan orang banyak gak bisa jawab dan terlihat tidak menguasai. Jadi ba bi bu.

Jadi ingatlah alasan kuat, kenapa kita harus belajar. Dua diantaranya di atas adalah paling work menurut saya.

6. Temukan tempat belajar yang nyaman

Saya beberapa kali mengutip kata kata bijak place is heart. Karena memang betul tempat yang kita tempati sangat mempengaruhi perasaan kita.

Kalau kamu saat ini belajar namun masih tidak semangat, bisa jadi ruang kamar atau meja belajar kamu masih belum bisa membuat kamu nyaman. Misal masih belum tertata rapi, buku-buku letaknya kesana kemari, banyak sampah berserakan, dan lain lain.

Coba deh rapikan dan buat ruangan belajar kalian menjadi lebih nyaman, saya yakin akan sangat mempengaruhi kita dalam belajar.

Jika tidak memiliki ruang khusus untuk belajar, bisa cari posisi di mana enaknya duduk di bagian sudut rumah. Bisa juga pergi ke perpustakaan, atau kedai kopi.

Hal tersebut betul-betul sangat membantu. Jadi tunggu apalagi, yuk bereskan kamar dan meja belajar.

7. Bodohi otak

Poin ini sedikit aneh kalau dibaca, kok otak dibodohi? Hehe

Tenang ... Tenang...

Itu hanya istilah. Pertama kali saya mendapat kata-kata tersebut ketika blog walking ke blognya Kang Herman.

Intinya kalau kita berpikir akan melakukan aktivitas belajar, biasanya kita semakin malas. Jadi jangan pikirkan itu.

Kita lakukan saja tanpa mikir, duduk di kursi misalkan, taruh buku di dekat kita. Biarkan saja nati lama-kelamaan mau sendiri megang buku tersebut. Lalu buka saja meski hanya beberapa detik.

Yang penting jangan paksakan diri.

Lihat saja lama kelamaan kita malah jadi lama membuka buku tersebut. Eh kita malah keasikan belajarnya.

Makanya poin di atas tadi "bodohi otak", maksudnya kita berusaha mengelabui otak apa yang akan kita kerjakan, hehe.

8. Cari trigger

Tips kedelapan agar semangat belajar adalah cari trigger atau pemicu. Banyak trigger yang dapat kita gunakan, bisa makanan yang kita sukai, lagu favorit, film kesayangan, HP dan lain lain. Yang penting sesuatu yang menarik bagi kita.

Misalnya saya sangat tertarik dengan membaca blog. Nah ini bisa jadikan trigger membaca blog sambil mencari pelajaran.

Contoh lain saya sangat suka nonton film, yang lagi trending saat tulisan ini diulas adalah film serial Korea Big Mouth. Kita bisa menontonnya di laptop sembari belajar. Jadi menggunakan teknik pomodoro 25 menit belajar, waktu istirahat gunakan nonton film sebentar. Jikapun terpakai waktu istirahat lebih lama dari pada belajar, gak apa-apa, itu sudah menjadi langkah maju.

Setiap orang memiliki minat yang beda-beda, bisa gunakan trigger yang lain, misal kamu orang yang suka ngumpul-ngumpul, nah belajar lah dengan kerja kelompok. Atau bisa juga sambil ngopi dengan teman di caffe. Bisa juga sambil mendengarkan musik kesukaan.

Intinya kalian sendiri yang tahu trigger yang dapat mempengaruhi diri kalian sendiri. So, semoga dengan trigger tersebut bisa membantu kalian jadi suka belajar ya.

9. Kata-kata motivasi semangat belajar

Tip kesembilan ini adalah optional. Bisa kalian ikuti, boleh tidak. Karena saya adalah orang yang sangat suka quote-quote keren terutama dari orang-orang hebat. Kata-kata mereka terkadang sangat membuat saya itu terinspirasi.

Beberapa contoh quote mengenai belajar.

"Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan." - Imam Syafi'i

"Makin aku banyak membaca, makin aku banyak berpikir. Makin aku banyak belajar, makin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun."

 “The secret to getting ahead is getting started.”

“Don’t say you don’t have enough time. You have exactly the same number of hours per day that were given to Helen Keller, Pasteur, Michelangelo, Mother Teresea, Leonardo da Vinci, Thomas Jefferson, and Albert Einstein.” - H. Jackson Brown Jr.

“Work hard in silence. Let your success be your noise.” - Frank Ocean 

Nah cara ini bisa kita gunakan untuk menbantu kita bersemangat belajar. Misanya dengan menempel tulisan di dinding dekat meja belajar, di pintu masuk kamar, di dinding kamar atau dimana pun yang kamu sukai.

Akhir Kata

Demikian 9 tips semangat belajar yang bisa saya bagikan, silahkan coba salah satu dulu. Bisa jadi tidak ada yang berfungsi bagi kamu, tetapi paling tidak kamu sudah mencoba ya. Semoga semua tip tersebut bermanfaat. Silahkan komen tips mana yang paling kaian sukai.

Taufik Junaidie
Taufik Junaidie Kepala Sekolah, Finalis 5 besar SRB 2022, Certified Teacher, Google Certified Educator Lev. 2, Juara 1 Vidio Animasi se Kalsel, and Blogger
Komentar